Penajam Terima Bantuan 1200 Ekor Sapi Dari Pusat

AH Ari B

Kantor Bupati PPU di Kilometer 9 Nipah-nipah Penajam (L Gustian – Hello Borneo)

Kantor Bupati PPU di Kilometer 9 Nipah-nipah Penajam (L Gustian – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan merealisasikan progam sapi bergulir kepada masyarakat tahun ini juga. Progam pengembangbiakan hewan ternak sapi jenis brahman cross ini dikhususkan bagi masyarakat petani sawit.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) PPU Joko mengatakan, bantuan sapi bergulir tahun ini mencapai 1700 ekor diantaranya dari bantuan pemerintah pusat 1200 ekor, pemerintah provinsi 250 ekor dan pemkab PPU sendiri mengadakan 250 ekor .

Bantuan sapi dari Pemerintah Pusat 1200 ekor bersumber dari APBN, kata Joko, akan dibagikan kepada masyarakat kelompok tani. ”Jika 1200 ekor sapi untuk 24 kelompok, itu berarti masing-masing kelompok akan mendapat jatah minimal 40 hingga 50 ekor sapi,” terang Joko .

Ia mengungkapkan, jumlah kelompok tani sawit di PPU mencapai 60 lebih dan pihaknya (Dispertan) telah menerima 25 proposal pengajuan dari kelompok petani sawit dan sementara ini masih dalam proses verifikasi. “Kelompok penerima bantuan sapi harus dipastikan memiliki legalitas atau sudah mengantongi SK dari Bupati sehingga tepat sasaran,” ungkap Joko.

Dalam pendistribusiannya ke masyarakat petani sawit, Joko mengatakan akan menggunakan system revolving, dimana kelompok tani yang mendapat bantuan hanya berhak merawat dan mengembangbiakan bukan untuk menjual atau memotong, kecuali anak dan turunannya .

Untuk mengawasi keberadaan bantuan sapi ini, joko mengungkapkan telah menggandeng pihak TNI. Sehingga untuk masing-masing desa dan kelurahan nantinya dimonitor oleh satuorang anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa).

“Progam sapi bergulir ini sebagai upaya mewujudkan progam populasi sapi dan ketahanan daging di Kalimantan timur (kaltim) serta nasional, dan Kami (pemerintah) optimis terwujud jika seluruh pihak ikut berpartisipasi,” tutupnya.(log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.