10 Persen Warga di Penajam Belum Miliki KTP

Bagus Purwa

 

Penajam, helloborneo.com – Kepala Dinas Kependudiukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara Suyanto mengungkapkan, sekitar 10 persen warga wajib kartu tanda penduduk (KTP) di daerah itu, dari sekisar 124.415 jiwa masih belum memilki KTP elektronik.

“Dari 124.415 penduduk wajib KTP, berkisar 10 persen belum miliki KTP elektronik. Karena ada warga yang belum memiliki identitas sama sekali dan ada warga yang melanjutkan pendidikan di luar daerah,” kata Suyanto, di Penajam, Rabu.

Menurutnya, Disdukcapil terus mendorong warga yang belum memiliki KTP elektronik untuk segera melakukan pembuatan KTP elektronik, dengan cara menunjukkan KTP SIAK (sistem informasi administrasi kependudukan). Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut Suyanto, telah melakukan sosialisasi di desa/kelurahan terkait pentingnya melengkapi surat-surat admnistrasi kependudukan.

Serta meminta kepada lurah dan kepala desa serta ketua RT untuk melaporkan setiap ada warganya yang meninggal dunia. “Sosialisasi terus berjalan untuk mengajak masyarakat mengurus baik KTP elektronik, akte kelahiran maupun adminsitrasi kependudukan lainnya,” ujarnya.

Sejak pelimpahan kewenangan pencetakab KTP elektronik diserahkan ke daerah, kata Suyanto, Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, hingga saat un telah mencetak sekisar 2.834 keping KTP elektronik. (log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.