Jabatan Plt Direktur PDAM Penajam Diperpanjang

AH Ari B

Kualitas Air PDAM Masih Perlu Dipertanyakan (Suherman – Hello Borneo)

Kualitas Air PDAM Masih Perlu Dipertanyakan (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara memperpanjang masa jabatan Misdianto sebagai Pelaksana tugas atau Plt Direktur Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) karena dinilai kinerjanya cukup berhasil.

“Kami menilai kinerja Direktur PDAM selama ini cukup berhasil, sehingga pemerintah memperpanjang masa jabatan Misdianto sebagai Plt Direktur PDAM untuk enam bulan ke depan,” ungkap Plt Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Penajam Paser Utara Tohar, di Penajam, Selasa.

Menurutnya, kinerja Plt Direktur PDAM ini dinilai cukup berhasil karena mampu meningkatkan pendapatan PDAM mencapai Rp500 juta hingga Maret 2015, dengan jumlah pelanggan yang masih sama dengan sebelumnya.

Peningkatan pendapatan tersebut, lanjut Tohar, karena PDAM melakukan operasi penertiban tunggakan pelanggan PDAM di Kecamatan Penajam sejak awal Januari 2015. Sehingga dapat mendongkrak pendapatan PDAM mencapai Rp110 juta.

“Awalnya pendapatan PDAM hanya Rp390 juta, setelah petugas PDAM melakukan penertiban tunggakan pelanggan terkumpul Rp110 juta, sehingga pandapatan naik menjadi Rp500 juta yang sebelumnya hanya Rp390 juta,” jelasnya.

Selain itu, Tohar menyatakan, evaluasi yang dilakukan pemerintah juga sesuai dengan arahan yang diberikan oleh badan pengawas, dimana kegiatan yang dilakukan PDAM sudah mengarah kepada perkembangan dan perbaikan untuk melayani kebutuhan air bersih masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Penajam Paser Utara Sudirman menegaskan, pengangangkatan kembali Plt Direktur PDAM seharusnya melalui ‘fit and proper test’ atau uji kelayakan dan kepatutan sehingga pelayanan PDAM ke depan dapat lebih baik lagi.

“Kami masih banyak menerima laporan masyarakat, distribusi air bersih di wilayah Gunung Seteleng dan Kayu Api masih sering macet, ini harus menjadi pertimbangan. Dan kami menilai selama ini kinerja PDAM masih belum ada perubahan,” kata politisi PDI-P ini.

Direktur PDAM, tambah Sudirman, harus mempunyai terobosan program baru untuk meningkatkan pelayanan air bersih terhadap para pelanggan. Karena selama ini masih ada masyarakat dibeberapa wilayah di Penajam Paser Utara belum mendapatkan layanan air bersih.(bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.