Sejak 2007 Enam Genset Pemkab Penajam Mangkrak

Kambolo’

Genset Milik Pemkab Penajam Paser Utara yang Berada di PLTD Girimukti Sejak 2007 Rusak (Kambolo’ – Hello Borneo)

Genset Milik Pemkab Penajam Paser Utara yang Berada di PLTD Girimukti Sejak 2007 Mangkrak (Kambolo’ – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Sejak tahun 2007 enam unit generator set atau genset milik Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang berada di Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Girimukti mangkrak atau tidak dapat digunakan karena rusak.

Manajer HRD Divisi Minyak dan Gas (Migas) Perusda Benuo Taka Andi Askar, Senin mengungkapkan, tahun 2004 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara membeli enam unit mesin pembangkit listrik seharga Rp12 miliar yang pengelolaannya diserahkan kepada Perusda Benuo Taka.

“Pemkab serahkan enam genset kepada Perusda Benuo Taka, untuk menambah daya listrik PLN, tapi mesin hanya mampu bertahan tiga tahun satu persatu mesin rusak. Jadi sejak 2007 mesin pembangkit listrik itu tidak digunakan karena rusak,” jelanya.

Andi Askar mengaku, untuk perawatan dan perbaikan enam unit mesin pembangkit listrik, Perusda Benuo Taka mengusulkan anggaran sekisar Rp2,4 miliar, namun pemerintah daerah tidak menyetujui usulan tersebut. Sehingga pada tahun 2012, Perusda Benuo Taka mengembalikan enam unit genset tersebut kepada Pemkab Penajam Paser Utara.

Pelaksana tugas Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara Tohar mengatakan, pemerintah daerah akan melakukan evaluasi terhadap enam unit mesin pembangkit listrik yang berada di PLTD Girimukti yang pengelolaannya diserahkan kepada Perusda Benuo Taka tersebut.

“Pemerintah daerah akan lakukan evaluasi, jika memang pengelolaan enam genset itu sudaj tidak efektif atau tidak memiliki nilai ekonomis lagi maka bisa dilakukan penghapusan aset,” katanya.
Evaluasi terhadap enam unit mesin pembangkit listrik akan dilakukan, tambah Tohar, dengan mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan hampir seimbang dengan melakukan investasi baru, maka perbaikan tidak akan dilakukan. (bp/*log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.