Kecamatan Penajam Sumbang PAD Rp33 juta

AH Ari B

Penajam, helloborneo.com – Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur sudah menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) sekisar Rp33 juta melalui pengelolaan kepengurusan izin gangguan dan izin mendirikan bangunan (IMB).

“Sejak wewenang kepengurusan 35 perizinan dan non perizinan dilimpahkan ke kecamatan Januari 2015 lalu, kami bisa memasukan Rp33 juta ke kas daerah dari kepengurusan IMB dan izin gangguan,” ungkap Camat Penajam, Sardi, di Penajam, Selasa.

Menurutnya, sampai saat ini Kecamatan Penajam sudah melayani kepengurusan 34 berkas izin gangguan atau sebelumnya biasa disebut surat izin tempat usaha (SITU), dan 24 berkas kepengurusan IMB.

Untuk lebih meningkatkan pemasukan PAD melalui kepengurusan izin, lanjut Sardi, pihak kelurahan/desa melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya melakukan kepengurusan izin, baik itu IMB, izin gangguan dan izin tempat tinggal serta tempat usaha kecil.

“Dengan adanya adanya izin itu, pemantauan dan penertiban bangunan atau tempat usaha yang tidak memenuhi perizinan dapat dilakukan secara maksimal,” ujarnya.

Sardi mengaku, dari 35 wewenang kepengurusan perizinan dan non perizinan yang dilimpahkan kepala daerah ke kecamatan tersebut, Kecamatan Penajam baru melayani tiga kepengurusan perizinan, diantaranya rekomendasi untuk perizinan bangunan yang besar, izin gangguan dan IMB.

Ada 35 kewenangan kepengurusan perizinan dan non perizinan yang dilimpahkan Bupati Penajam Paser Utara, kepada kecamatan. Diantaranya kepengurusan IMB rumah tinggal bertingkat sampai dua tingkat.

Kemudian kepengurusan IMB usaha kecil tidak bertingkat, surat izin usaha perdagangan (SIUP) dengan neraca di bawah Rp50 juta, izin usaha rumah makan dan minuman di bawah 25 kursi serta izin penyelenggaraan kegiatan hiburan, terkecuali mendatangkan artis.ibukota. (bp/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.