Uji KIR Kendaraan di Penajam Bakal Jemput Bola

Suherman

 

Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermoror (Suherman - Hello Borneo)

Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermoror (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Unit Pelaksana Tugas Pengujian Kendaraan Bermotor (UPT PKB) pada Dinas Perhubungan Kebudayaan dan Pariwisata (Dishubbudpar) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur akan melakukan upaya jemput bola uji kelayakan kendaraan bermotor (KIR).

Koordinator Pengujian Kendaraan Bermotor UPT PKB Kabupaten PPU, Steppanus Sappe , Sabtu, mengatakan selama ini cukup banyak kendaraan yang tak bisa di uji dengan alasan jarak ke UPT PKB di Kilometer 5 Kelurahan Nenang, Kecamatan Penajam.

“Di Kabupaten PPU, hanya ada satu tempat pengujian sehingga upaya pengujian kendaraan yang melakukan uji KIR belum optimal, banyak yang tak datang dengan salah satunya alasan karena jarak yang jauh ke tempat melakukan pengujian,” terang Sappe.

Sappe mengatakan dengan sistem jemput bola, maka kendaraan yang jauh bisa kita lakukan pengujian layak jalannya. Selama ini pemeriksaan 1 unit kendaraan untuk diuji membutuhkan waktu paling lama 10 hingga 15 menit.

“Kegiatan ini selain untuk mendekatkan pelayanan uji KIR kepada masyarakat juga dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pengujian kendaraan bermotor. Pada tahun 2013 UPT PKB berhasil memberikan kontribusi pemasukan PAD sebesar Rp140 juta, tahun 2014 sebesar Rp160 juta dan kami menargetkan pada tahun 2015 bisa tembus Rp170 juta,” kata Sappe.

Sappe menambahkan, melihat jumlah kendaraan yang ada di Kabupaten PPU tiap tahun selalu meningkat 300 unit per tahun, target angka PAD tersebut optimis bisa tercapai oleh UPT PKB. (ab/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.