2016, RSUD Penajam Ada Klinik VCT

AH Ari B

 

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur menargetkan pada tahun 2016 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten PPU memiliki klinik Voluntary Counseling And Testing (VCT) sebagai layanan pemeriksanaan bagi orang dengan HIV AIDS (ODHA).

Direktur RSUD Kabupaten PPU, Grace Makisurat mengatakan pembangunan klinik VCT tersebut sebagai upaya pelayanan kesehatan bagi ODHA yang ada di Kabupaten PPU, dan sebagai langkah antisipasi sejak awal penularan HIV/AIDS.

“Saat ini proses pengerjaan klinik VCT sedang dilaksanakan, dan kami menargetkan akan mulai berepoerasi tahun depan,” kata Grace di Kantor Bupati PPU, Senin.

Klinik VCT tersebut, lanjutnya, selain digunakan sebagai klinik pemeriksaan masyarakat Kabupaten PPU yang terinfeksi HIV AIDS juga melayani masyarakat umum, dan juga sebagai tempat pembelian obat bagi pasien.

“Kami hanya menyiapkan tempat, karena alat-alat VCT ini di drop langsung dari pemerintah provinsi langsung melalui dinas kesehatan,” terang Grace.

Ia menambahkan, untuk pemeriksaan lebih detil nantinya pihak RSUD akan tetap bekerjasama dengan pihak RS Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan, kecuali untuk pelayanan rapid test atau test cepat, karena peralatan RSUD Kabupaten PPU belum lengkap dan memadai.(log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.