Penajam Akan Jadi Kabupaten Pramuka

Suherman

 

Pelantikan Mabisaka Satuan Karya Wanabakti oleh Ketua Kwartir Cabang Penajam Paser Utara, Sudirman  (Suherman - Helllo Borneo)

Pelantikan Mabisaka Satuan Karya Wanabakti oleh Ketua Kwartir Cabang Penajam Paser Utara, Sudirman (Suherman – Helllo Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menjadi sebagai kabupaten pramuka setelah menambah lima Satuan Karya Pramuka (SAKA) yang merupakan struktur terpenting dalam gerakan pramuka.

“Sampai saat ini Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Penajam Paser Utara telah menambah lima SAKA, ini terobosan baru pemerintah daerah yang akan menjadikan sebagai kabupaten pramuka, ungkap Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Penajam Paser Utara, Sudirman, dalam acara pelantikan pengurus SAKA Wanabakti, di Penajam, Selasa (28/4)

Selain kesinambungan antara kwarcab dengan pemerintah daerah, untuk menjadikan Penajam Paser Utara sebagai kabupaten pramuka, lanjutnya, juga harus membentuk yayasan pramuka. Dimana pembentukan yayasan pramuka sedang dikerjakan dan dalam waktu dekat yayasan pramuka tersebut akan berdiri.

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ, mengatakan, SAKA Wanabakti merupakan wadah pengembangan minat, pengetahuan dan keterampilan, serta sebagai wadah mendapatkan pengalaman dalam pramuka diberbagai bidang kejuruan.

SAKA Wanabakti di bawah binaan Dinas Kehutanan dan Perkebunan tersebut, lanjutnya, harus mampu mengembangkan pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup. Dan keberadaan SAKA tersebut dapat mensoisialisasikan pengetahuan dan pendidikan terkait pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan.

.”Adanya SAKA Wanabakti ini merupakan gerakan awal menciptakan Penajam Paser Utara menjadi daerah yang asri, indah dan sejuk,” kata Mustaqim.

Acara pelantikan pengurus SAKA Wanabakti periode 2015-2020, dihadirii sejumlah Kepala Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Mabicab Gerakan Pramuka, Ketua Ranting Pramuka se-Kabupaten serta ratusan anggota pramuka se-Kabupaten Penajam Paser Utara. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.