“Maritim Techno Park” Berdampak Pada Kemajuan Penajam

AH Ari B

 

Penajam, helloborneo.com – Pembangunan “Maritim Techno Park”, kata Ketua DPRD Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Namag Ali, akan berdampak positif pada kemajuan dan perkembangan daerah sehingga mampu meningkatkan pembangunan perekonomian di daerah itu.

“Dengan terbangunnya “Maritim Techno Park” akan mendukung kemajuan pembangunan perekonomian di daerah ini, karena akan terbuka lowongan pekerjaan bagi tenaga kerja lokal dan menambah pendapatan daerah,” kata Nanag Ali, Di Penajam, Kamis.

Untuk mendukung pembangunan “Maritim Techno Park” di Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjutnya, pemerintah daerah akan menyediakan lahan sebagai lokasi perkantoran serta palabuhan sebagai sarana pendukung keberadaan “Maritim Techno Park” tersebut.

Menurut Nanang Ali, pemerintah daerah bersama Kementerian Kemaritiman, menunjuk lokasi untuk perkantoran di wilayah Kelurahan Nipah-Nipah dan Kelurahan Buluminung sebagai lokasi dermaga atau pelabuhan kapal.

Namun untuk lokasi tersebut, kata Nanag Ali, diperlukan penetapan lokasi lebih spesisik karena penyediaan lahan harus disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah. Dimana penyediaan lahan tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah setempat.

“Luasan lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan “Maritim Techno Park” ini mencapai 40 hingga 100 hektare, tapi harus ada penetapan lokasi lebih detail untuk disesuaikan dengan keuangan daerah,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser JUtara, tambah Nanang Ali, juga harus menyediakan infrastruktur jalan yang menghubungkan antara Nipah-Nipah dan Buluminung. Sehingga diperlukan adanya konsep yang detail terkait pembangunan pusat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan tersebut. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.