Penyertaan Modal Penajam Rp2 Triliun Untuk Bangun Jembatan

Bagus Purwa

 

Jembatan pulau balang (Suherman - Hello Borneo)

Jembatan pulau balang (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Penyertaan modal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, untuk pembangunan Jembatan penghubung Penajam Paser Utara – Balikpapan sebesar Rp2 triliun dari total biaya pembangunan yang mencapai Rp6 triliun.

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustqim MZ, Minggu, mengatakan, dalam konsorsium yang akan dibentuk untuk pembangunan jembatan penghubung dengan titik Nipah-Nipah, Penajam Paser Utara – Melawai, Balikpapan, Pemkab Penajam Paser Utara menyertakan modal sebesar Rp2 triliun.

Pemkab Penajam Paser Utara, lanjutnya, bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur atau Pemrov Kaltim dan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, serta PT Waskita Karya akan segera membentuk konsorsium setelah surat izin pemanfaatan ruang (IPR) dan analisa dampak lingkungan atau Amdal rampung.

“Total biaya pembangunan jembatan penghubung dengan panjang 5,4 kilometer itu Rp6 triliun. Penyertaan modal dalam konsorsium masing-masing, Penajam Paser Utara Rp2 triliun dan PT Waskita Karya Rp2 triliun serta Pemprov Kaltim Rp1 triliun dan Pemkot Balikpapan Rp1 triliun,” ungkapnya.

Selain membentuk konsorsium, kata Mustaqim, setelah IPR dan Amdal rampung PT Waskita Karya juga akan melanjutkan pengurusan administrasi untuk proses lelang di Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum.

“Konsorsium sementara dibentuk, masing-masing sudah menunjuk perwakilan untuk duduk di konsorsium. Setelah konsorsium terbentuk dan semua persyaratan administrasi rampung, PT Waskita Karya akan melakukan pemancangan tiang jembatan perdana,” jelasnya.

Pemancangan tiang pertama jembatan penghubung Penajam Paser Utara – Balikpapan tersebut, tambah Mustaqim, diperkirakan akan dilaksanakan pada akhir tahun ini (2015). (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.