Pilkades di Penajam Digelar Serentak Desember 2015

Suherman
Penajam, helloborneo.com – Ketua Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Fadliansyah mengungkapkan, pemilihan kepala desa (pilkades) di daerah itu akan digelar serentak pada Desember 2015 mendatang.

“Setelah rancangan peraturan daerah (raperda) tentang desa disahkan menjadi perda, pelaksanaan pilkades akan dilakukan serentak Desember 2015,” kata Fadliansyah, di Penajam, Kamis.

Pelaksanaan pilkades tersebut, lanjutnya, sudah dibahas dengan baik dan Pansus II meyetujui pelaksanaan pilkades dilakukan serentak. Untuk itu, pemerintah daerah segera menyusun dan mengusulkan anggaran agar pelaksanaan pilkades tersebut dapat digelar Desember 2015 mendatang.

Pilkades tahun ini (2015), kata Fadliansyah, merupakan periode pertama desa memiliki peranan besar dalam pembangunan, karena kepala desa dan masyarakat mengelola langsung aloksi dana desa atau ADD yang bersumber dari APBD sesuai perencanaan desa masing-masing.

“Dengan disetujuinya raperda tentang desa ini diharapkan mampu mendukung pembangunan desa sesuai dengan perecanaan dimasing-masing desa, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” Jelas politis dari Partai Golkar tersebut.

Menurut Fadliansyah, amanat Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, juga telah memberikan legitimasi atau kewenangan kepada pemerintah desa untuk membangun sesuai dengan kebutuhan desa bersangkutan.

“Dalam undang-undang itu pemerintah desa diberikan kewenangan untuk membangun desa masing-masing sesuai dengan kebutuhan rumah tangga desa yang ditetapkan bersama masyarakat,” ujarnya.

Raperda tentang desa itu disahkan, tambah Fadliansyah yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi I DPRD Penajam Paser Utara tersebut, sebagai bentuk dukungan untuk memberikan semangat pemerintah desa untuk membangun desa masing-masing. Karena selama ini pembangunan desa kurang dirasakan oleh masyarakat. (adv/bp/*log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.