Penajam Bebaskan Lahan 100 Hektare Untuk MTP

AH Ari B

 

Menteri Korodinator bidang Kemaritiman, Indoryono Soesilo Melihat Denah Lokasi Maritime Tekno Park Kabupaten Penajam Paser Utara dan BPPT (L Gustian - Hello Borneo)

Menteri Korodinator bidang Kemaritiman, Indoryono Soesilo Melihat Denah Lokasi Maritime Tekno Park Kabupaten Penajam Paser Utara dan BPPT (L Gustian – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan membebaskan lahan seluas 100 hekatre di kawasan Buluminung, Kecamatan Penajam untuk membangun “Maritime Techno Park” sesuai rencana Kementarian Kemaritiman.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Penajam Paser Utara, Puguh Sumitro, Rabu, mengatakan, proses pembebasan lahan untuk pembangunan “Maritime Techno Park” seluas 100 hektare di Buluminung tersebut diperkiarakan membutuhkan waktu selama dua tahun.

Sebagai tahap awal Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjutnya, telah menyiapkan lahan seluas 40 hektare untuk pembangunan pusat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan tersebut.

“Proses pembebasan sisa lahan seluas 60 hektare akan selesai tahun 2016, karena Nasional Maritime Techno Park mulai akan dibangun pada tahun 2017 mendatang,” ujar Puguh .

Selain Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, kata dia, juga menyediakan lahan seluas lima hektare untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga gas milik PLN sebagai fasilitas pendukung pembangunan “Maritime Techno Park”

Proyek pembangunan pusat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan di Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut, tambah Puguh, masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional empat tahun kedepan.

“Keseluruhan proyek itu Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menganggarkan berkisar Rp3,2 triliun untuk 100 “Sains Techno Park” di 34 provinsi di Indonesia,” jelasnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.