Penajam Wakili Indonesia Pada Kompetisi Tingkat Dunia

AH Ari B

Penajam, helloborneo.com – Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, kata Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Mirawati Sudjono, akan menjadi perwakilan Indonesia dalam kompetisi tingkat dunia yaitu “United Nation Public Services Award” 2016 mendatang.

“Program Unit Pelaksana Teknis Pekerjaan Umum atau UPT PU Kecamatan yang dilaksanakan di Kabupaten Penajam Paser Utara berhasil masuk dalam 25 terbaik dari top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) 2015, sehingga akan mejadi wakil Indonesia pada “United Nation Public Services Award” tahun 2016, jelas Mirawati Sudjono, usai menyerahkan piagam penghargaan kepada 99 inovator pelayanan publik terbaik, di Surabaya, Jumat (15/5).

Menurut Mirawati Sudjono, kompetisi inovasi pelayanan atau Sinovik publik tersebut bertujuan untuk mendorong percepatan reformasi birokrasi di bidang pelayanan publik dengan menjadikan Sinovik sebagai ajang pembelajaran diantara unit pelayanan publik.

Kegiatan Sinovik yang diadakan oleh Kemenpan RB, lanjutnya, berbeda dengan kegiatan lainnya karena merupakan bagian dari gerakan “One Agency One Innovation” yang mendorong kementerian, lembaga atau pemerintah daerah untuk mengembangkan minimal satu inovasi pelayanan publik setiap tahunnya.

Tahun ini (2015), kata t Mirawati Sudjono, terdapat 216 inovasi dari pemerintah provinsi, 436 inovasi dari pemerintah kabupaten dan 238 inovasi pemerintah daerah yang berlomba meraih kategori inovasi terbaik.

Progam UPT PU Kecamatan Kabupaten Penajam Paser Utara, masuk dalam jajaran top 99 Sinovik 2015 berada diurutan 22 sebagai solusi penyelesaian infrastruktur daerah ,” ujarnya.

Wakil Bupati Penajam Paser utara, Mustaqim MZ yang hadir dalam penyerahan piagam tersebut, mengaku sangat bangga karena progam UPT PU Kecamatan satu-satunya usulan dalam ajang Sinovik 2015 masuk dalam 10 besar tingkat Kabupaten se-Indonesia dan menempati urutan keempat.

“Saya meminta kedepan, seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, dapat membuat minimal satu inovasi pelayanan publik sebagai upaya perbaikan pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Penghargaan dari Kemenpan RB untuk 99 inovator pelayanan publik terbaik tahun 2015 tersebut diterima oleh Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Pemukiman dan Prasarana Wilayah (DPU Kimpraswil) Kabupaten Penajam Paser Utara, Supardi.

Dimana 99 inovator pelayanan publik terbaik tahun 2015, ditentukan melalui seleksi yang sangat ketat dari top 150 inovator pelayanan publik dari kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia. (bp/*log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.