Penajam Harus Efektifkan Peran BNNK

Bagus Purwa

Penajam, helloborneo.com – Peranan Badan Narkotika Nasional Kabupaten/kota (BNNK), kata Komisi I DPRD Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Fadliansyah, harus segera diefektifkan untuk menanggulangi permasalahan penyalahgunaan narkoba di daerah itu.

“Saya menilai Badan Narkotika Kabupatan/kota (BNK) kurang efektif, saya tidak pernah melihat BNK kegiatan BNK seperti sosialisasi terkait narkoba dan lainnya,” kata Fadliansyah, di Penajam, Selasa.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjutnya, segera membuat rancangan peraturan daerah (raperda) untuk membentuk BNNK. Sehingga lembaga tersebut dapat membantu kepolisian melakukan kegiatan penaggulangan penyalahgunaan narkoba di wilayah Penajam Paser Utara.

“Harus ada peraturan daerah (perda) atau payung hukum untuk BNNK sehingga dapat melakukan kegiatan penanggulangan penyalahgunaan narkoba lebih independen di daerah ini,” ujar Fadliansyah.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, kata dia, juga harus memilki perda terkait narkoba sehingga penanggulangan penyalahgunaan narkoba di wilayah Penajam Paser Utara menjadi program skala prioritas.

Menurut Fadliansyah, peredaraan dan penyalahgunaan narkoba dan zat adiktif di Kalimantan Timur, termasuk di wilayah Penajam Paser Utara mulai mengkhawatirkan. Dimana penyalahgunaan narkoba dan zat adiktif bukan saja di kalangan orang dewasa, namun sudah masuk ke kalangan remaja, bahkan anak-anak.

“Penyalahgunaan narkoba dan zat adiktif sudah merambah ke kalangan remaja, bahkan anak-anak. Banyak remaja dan anak-anak ditemukan menyalahgunakan zat adiktif, yaitu “ngelem” atau menghirup lem,” jelasnya.

Untuk perumusan perda penyalahgunaan narkoba sarta penyalahgunaan zat adiktif tersebut, tambah Fadliansyah, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, dapat berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Balikpapan yang sudah mulai merumuskan perda terkait permasalahan tersebut.

“Bisa koordinasi dengan Balikpapan yang sudah menyusun regulasi terkait “ngelem”. Kabupaten Penajam Paser Utara harus rumuskan perda narkoba sebagai tindakan pencegahan,” katanya. (adv/bp/*log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.