Penajam Peringati Harkitnas

Subur  – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Wakil Bupati Penajam Paser Utara menjadi inspektur upoaca peringatan Harkitnas ke-107 (Subur - Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Wakil Bupati Penajam Paser Utara menjadi inspektur upoaca peringatan Harkitnas ke-107 (Subur – Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com  – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menggelar upacara peringatan Hari kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-107  tahun 2015, di lapangan upacara Kantor Bupati setempat.

“Kebangkitan nasional merupakan masa bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk memajukan diri melalui gerakan organisasi moderen yang tidak pernah muncul selama penjajahan,” kata Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ saat membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika Republik  Indonesia, di Penajam Rabu.

“Melalui peringatan Harkitnas, kita kenang kembali semangat perjuangan “The Founding Fathers” bangsa ini sebagai teladan. Dokter Wahidin Sudirohoesodo dan Dokter Sutomo telah menanamkan konsep perjuangan intelektual lewat pembentukan organisasi untuk membangun kebersamaan dan persatuan,” jelas Mustaqim.

Perjuangan bangsa Indonesia, lanjutnya, belum berakhir menuju Indonesia maju dan moderen, berkeadilan, sejahtera serta bermartabat. Lebih dari seratus tahun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang berdaulat dan secara terus menerus bergelut dengan perubahan.

“Perubahan itu mau tidak mau pasti akan menyatu dan menandai proses  perjalanan sejarah bangsa Indonesia. kita harus tetap waspada dan menjaga konsistensi dan kesinambungan nilai-nilai kebangsaan yang telah dirintis oleh pejuang terdahulu,” ujar Mustaqim.

Menurutnya, momentum Harkitnas harus mampu membangkitkan kembali nilai kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi tantangan dengan menggelorakan rasa bangsa dan cinta tanah air, karena tidak ada bangsa yang maju tanpa pengorbanan.

Tujuan peringatan Harkitnas, tambah Mustaqim, adalah untuk memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan dan menegakan nilai-nilai demokrasi yang berlandaskan moral serta etika berbangsa dan bernegara.

Dalam upacara tersebut, dihadiri Ketua DPRD, Nanag Alie, Kapolres Ajun Komisaris Besar Joudy Mayloor, Dandim 0913 Letkol Czi Adi Suryanto, Plt. Sekretaris Daerah, Tohar, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Setelah upacara peringatan Harkitnas ke-107  tahun 2015 tersebut, Pimpinan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim Cabang Penajam Paser Utara, Dicki Zulkarnain menyerahkan secara simbolis bantuan kendaraan roda tiga operasional pasar kepada Wakil Bupati Mustaqim MZ.  (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.