Penajam Butuh PLTMG Dukung Marine Nasional Sains

Dika

 

Plt Kepala Bappeda Kabupaten Penajam Paser Utra, Puguh Sumitro (Dika - Hello Borneo)

Plt Kepala Bappeda Kabupaten Penajam Paser Utra, Puguh Sumitro (Dika – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Keberadaan Marine Nasional Sains dan Techno Park di Kawasan Buluminung (KIB), kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah atau Bappeda Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Puguh Sumitro, membutuhkan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Gas (PLTMG) di daerah itu.

“Pembangunan PLTMG yang diperuntukkan di KIB itu membutuhkan lahan 5 hektare. Biaya pembebasan lahan dari PLN, dan pemerintah daerah hanya menunjukkan lokasinya,” ujar Puguh Santoso, di Penajam, Jumat.

Menurutnya, apabila lokasi pembangunan PLTMG tersebut disetujui oleh PLN, maka pembangunan PLTMG akan dimulai 2016 dan tahun 2017 PLTMG itu sudah bisa beroperasi untk mendukung pasokan listrik Marine Nasional Sains dan Techno Park serta Kawasan Industri Buluminung.

Apabila pembanguan Marine Nasional Sains dan Techno Park rampung, kata Puguh, dibutuhkan pasokan listrik yang cukup besar. Karena itu, PLN berencana membangun PLTMG di Buluminung. Namun untuk besaran daya PLTMG yang akan dibangun belum diketahui secara pasti.

“Kalau lahan dan perizinan sudah siap, 2016 pelaksanaan pembangunan PLTMG dan 2017 sudah bisa dioperasian,” ujarnya.

Rencana pembangunan Mmarine Nasional Sains dan Tehcno Park, tambah Puguh, membutuhkan fasilitas pendukung seperti akses jalan, air bersih dan listrik. Dan untuk akses jalan Buluminung saat ini dalam prose pengerjaan. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.