Kabag Humas Penajam Paparkan Kemajuan Daerah di Solo

Bagus Purwa

 

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Ady Irawan saat menerima kenang-kenangan dari Pemerintah Kota Solo ( Gusti - Hello Borneo )

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Ady Irawan saat menerima kenang-kenangan dari Pemerintah Kota Solo ( Gusti – Hello Borneo )

Penajam, helloborneo.com – Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Ady Irawan mamaparkan perkembangan dan memperkenalkan daerah setempat saat melakukan kunjungan kerja ke Pemerintahan Kota Solo atau Surakarta, Jawa Tengah.

Kabupaten Penajam Paser Utara adalah daerah pemekaran yang baru berusia 13 tahun, tapi pemerintah pusat menunjuk Penajam Paser Utara sebagai lokasi pembangunan “Marine Nasional Sains” dan “Techno Park”, jelas Ady Irawan di ruang rapat Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Solo, Kamis (21/5) lalu.

Ady Irawan memaparkan, pembangunan “Marine Nasional Sains” dan “Techno Park” tersebut di wilayah Buluminung, yang telah ditetapkan pemerintah daerah sebagai kawasan industri sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Ia mengatakan, kunjungan kerja ini untuk menambah wawasan terkait bidang kerja kehumasan di pemerintahan. Terutama, kerjasama dengan media cetak dan elektronik untuk penyebarluasan pemberitaan terkait program pemerintahan setempat.

Kami bertukar pengalaman terkait kerjasama dengan media terkait pemberitaan pemberitaan sosialisasi program-program pemerintah meliputi pelayanan publik baik itu di bidang kesehatan, pendidikan dan bentuk lainnya,,” jelasnya.

Selain itu, Ady Irawan juga menjelaskan, Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki banyak potensi alam, diantaranya potensi di bidang pertanian, perkebunan dan pertambangan. Serta kebijakan memberikan pendidikan dan kesehatan serta beras miskin gratis kepada masyarakat yang kurang mampu dan pelimpahan kepengurusan perizinan kemasing-masing kecamatan.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Solo, Heri Purwoko yang menerima rombongan Humas dan Protokol Kabupaten Penajam Paser Utara, memaparkan Kota Solo atau Surakarta memiliki 51 kelurahan dari lima kecamatan ini salah satu pemasukan pendapatan asli daerah (PAD) dari bidang pariwisata.

Sementara itu di lingkungan Pemerintah Kota Solo, lanjutnya memiliki sekitar 97 satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Dimana 51 kelurahan yang ada di Kota Solo merupakan SKPD yang bisa langsung merencanakan dan pelaksanaan anggaran langsung dikelola oleh kelurahan.

Pemerintah Kota Solo, kata Heri Purwoko, juga memiliki program kesehatan dan pendidikan gratis untuk masyarakat kurang mampu. Dan semua masyarakat yang kurang mampu di Kota Solo bisa mengajukan untuk mendapatkan pendidikan dan kesehatan gratis tersebut.

Sedangkan terkait kerjasama dengan media cetak dan elektronik, tambahnya, Pemerintah Kota Solo menyediakan ruang Loka Warta untuk wartawan dari berbagai media cetak maupun elektronik yang ada di Kota Solo dengan dilengkapi lima unit komputer dan jaringan internet.

Ruang Loka Warta untuk menjalin hubungan baik dengan media. Dan Pemerintah Kota Solo menjadwalkan “coffe morning” antara walikota dan kepala SKPD dengan wartawan satu kali dalam sepekan serta “press gathering” yang dilakukan dua kali dalam satu tahun,” jelasnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.