BKD Penajam : SKPD Lain Ambil Alih Honorer Distamben

AH Ari B

 

Penajam, helloborneo.com – Kepala Bidang Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur Khairudin mengharapkan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lain di lingkungan pemerintah setempat dapat mengambil alih ketika tenaga homorer Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) dirumahkan.

“Kami berharap, jika 46 tenaga honorer di Distamben itu jadi dirumahkan dapat segera diambil alih oleh SKPD lain. sehigga tidak ada perekrutan tenaga honorer atau tenaga harian lepas (THL) baru di SKPD,” kata Khairudin, di Penajam, Selasa.

Sesuai arahan kepala daerah, kata dia, melarang SKPD merekrut tenaga honorer atau THL baru karena jumlah honorer atau THL sudah mencapai sekitar 3.700 orang atau hampir setara dengan jumlah pegawai negari sipil (PNS), yakni sebanyak 3.933 orang.

Namun Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut Khairudin, tidak mempersoalkan pelimpahan wewenang pemberian izin tambang dari kabupaten ke pemerintah provinsi sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tersebut.

“Tidak ada rencana penutupan atau pembubaran Distamben dalam waktu dekat, menyusul terbitnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 itu,” tegasnya.

Menurut Khairudin, kewenangan pertambangan dan perkebunan sampai saat ini belum dilimpahkan ke pemerintah provinsi. Karena batas akhir pelimpahan perizinan tambang ke pemerintah provinsi paling lambat Oktober 2016 mendatang.

Nasib tenaga honorer Distamben tersebut, tambahnya, marupakan kewenangan kepala dinas setempat, karena pengangkatan dan pemberhentian tenaga honorer atau THL berdasarkan surat keputusan kepala dinas yang bersangkutan. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.