BPBD : 14 Titik Api Terpantau di Penajam

AH Ari B

 

Pelaksana tugas (Plt) BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara, Yahya

Pelaksana tugas (Plt) BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara, Yahya

Penajam, helloborneo.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memantau adanya 14 titik api sehingga masyarakat diimbau untuk waspada terjadinya kebakaran lahan di daerah itu.

“Kami mencatat ada 14 titik api yang masih berisiko tinggi terjadi kebakaran, kami minta masyarakat selalu waspada terhadap terjadinya kebakaran lahan,” kata Pelaksana tugas (Plt) BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara, Yahya, di Penajam, Senin.

“Kami imbau masyarakat tidak membakar sampah sembarangan atau membuang puntung rokok dalam keadaan apinya masih menyala disembarang tempat,” ujarnya.

Yahya menjelaskan, ada 14 titik api yang terpantau di Kabupaten penajam Paser Utara, yang perlu diwaspadai. Diantaranya, di wilayah Gunung Seteleng, Kecamatan Penajam, hutan kota dan wilayah perkebunan di Kecamatan Sepaku yang mencapai 6 titik api.

Menurutnya, dari 20 kebakaran lahan di Kabupaten Penajam Paser Utara sepanjang 2014-2015, mayoritas diakibatkan dari aktivitas pembakaran sampah atau pembukaan lahan oleh masyarakat serta puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Selain itu, lanjut Yahya, masyarakat juga waspada dengan semakin tingginya intensitas pemadaman listrik di wilayah Penajam Paser Utara, serta menghentikan pembukaan lahan dengan cara dibakar. Karena ada tujuh kebakaran di areal perkebunan warga yang hempir menjalar ke prumahan warga sekitar.

“Waspada konsleting atau arus pendek dan hati-hati saat memasang lilin karena byar pet semakin sering terjadi,” jelasnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.