PMI Penajam Gelar Donor Darah

Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Sekertaris PMI Kabupaten Penajam Paser Utara Mappayompa

Sekertaris PMI Kabupaten Penajam Paser Utara Mappayompa

Penajam, helloborneo.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menggelar donor darah dengan target mencapai 50 kantong darah sebagai upaya membantu warga yang membutuhkan darah.

“Untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah, kami akan adakan donor darah, Kamis (4/6), mulai pukul 08.00 Wita. Kami harapkan seluruh kalangan masyarakat berpartisipasi mendonorkan darahnya,” kata Sekretaris PMI Penajam Paser Utara, Andi Mappanyompa Makhmud, di Penajam, Rabu.

Tempat penyelenggaraan donor darah tersebut, lanjutnya, bertempat di Rumah Sakit Daerah (RSUD) Kabupaten Penajam Paser Utara. Pelaksanaan kegiatan donor darah tersebut bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Balikpapan, karena PMI Penajam Paser Utara belum memiliki UTD sendiri.

Selain itu karena PMI Penajam Paser Utara belum memiliki UTD, kata Andi Mappanyompa, hasil donor darah yang dikumpulkan selama ini, juga diserahkan ke bank darah di UTD PMI Kota Balikpapan. Sehiingga apabila masyarakat Penajam Paser Utara membutuhkan darah masih diarahkan ke UTD PMI Balikpapan.

“Kami akui selama ini, untuk mendapatkan darah masyarakat Penajam Paser Utara harus ke UTD PMI Balikpapan. Kami berupaya agar kedepan darah bisa didapatkan di PMI Penajam Paser Utara tanpa harus ke Balikpapan lagi,” jelasnya.

Menurut Andi Mappanyompa, sesuai program tahun 2015, PMI Penajam Paser Utara menetapkan kegiatan bhakti sosial yang dilaksanakan PMI berupa kegiatan donor darah, dan direncanakan kegiatan donor darah tersebut akan dilaksanakan setiap tiga bulan sekali.

“Kegiatan yang akan dilaksanakan setiap tiga bulan sekali itu untuk memasyarakatkan donor darah kapada warga Penajam Paser Utara,” ujarnya.

PMI Penajam Paser Utara, tambah Andi Mappanyompa, akan mengirim empat orang relawan PMI untuk mengikuti Pendidikan Tenaga Transfusi Darah (PTTD) di Solo. Sehingga ketika sarana dan prasarana donor darah telah siap, maka mereka bisa langsung bekerja melayani para pendonor di Penajam Paser Utara. (bp/*esa)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.