Kemenag Penajam Latih 60 Warga Ilmu Fardhu Kifayah

Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Peserta pelatihan fardhu kifayah yang digelar Kemenag Kabupaten Penajam Paser Utara (Iskandar - Humas Stkab Penajam Paser Utara)

Peserta pelatihan fardhu kifayah yang digelar Kemenag Kabupaten Penajam Paser Utara (Iskandar – Humas Stkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Bimbingan Masyarakat atau Bimas Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memberikan pelatihan terkait ilmu fardhu kifayah atau mengurus jenazah terhadap 60 warga di daerah itu.

“Warga yang ikut dalam pelatihan dari empat kecamatan yang terdiri dari laki-laki dan perempuan yang dianggap mampu dan sanggup untuk malaksanakan farduki kifayah itu,” kata Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Penajam Paser Utara, Usep Suciadi, saat membuka pelatihan fardhu kifayah di Aula Kemenag Kabupaten Penajam Paser Utara, Kamis.

Kementerian Agama, lanjutnya, berkewajiban mengayomi dan memberikan ilmu pengetahuan keagamaan kepada setiap warga, sehingga berkewajiban memberikan pembinaan kepada peserta pelatihan tersebut.

“Pembinaan diberikan agar petugas yang akan melaksanakan tugas dalam fardu kifayah atau mengurus jenazah itu sesuai dengan tuntunan dan syariat Islam. Dan kegiatan pembinaan itu dilaksanakan setiap tahun,” kata Usep Suciadi.

Menurutnya , jumlah peserta pelatihan fardu kifayah tersebut berdasarkan data yang dibuat oleh Kantor Urusan Agama (KUA) masing-masing kecamatan yang disesuaikan jumlah penduduk masing-masing kecamatan.

Usep Suciadi mengharapkan, peserta pelatihan fardhu kifayah dapat menularkan ilmunya kepada tokoh agama dan pngurus-pengurus masjid di daerah masing-masing sehingga ketika ada warga yang meninggal dunia dapat diurus sesuai tuntunan dan syariat Islam. (bp/*esa)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.