PMI Penajam Belum Milki Penyimpanan Darah

Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Ketua Umum PMI Penajam Paser Utara, Yustini Yusran Aspar mengucapkan terima kasih kepada relawan yang menyumbangkan darahnya pada bhakti sosial donor darah (Iskandar - Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Ketua Umum PMI Penajam Paser Utara, Yustini Yusran Aspar mengucapkan terima kasih kepada relawan yang menyumbangkan darahnya pada bhakti sosial donor darah (Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, belum memilki fasiltas penyimpanan darah sehingga darah yang dikumpulkan dari aksi donor darah langsung dikirim ke PMI Balikpapan.

“Hasil yang didapat dari aksi donor darah ini, langssung dikirim ke PMI Balikpapan karena PMI Penajam Paser Utara belum memiliki penyimpanan darah,” kata Ketua Umum PMI Penajam Paser Utara, Yustini Yusran Aspar, saat menyaksikan kegitan Bhakti Sosial Donor Darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Penajam Paser Utara, Kamis.

“PMI Penajam Paser Utara memang masih banyak kekurangan fasilitas penunjang, diantaranya gedung, peralatan, laboratorum serta belum memiliki Petugas Tenaga Taransfusi Darah PTTD,” jelasnya.

Menurut Yustini Yusran Aspar, akan menyediakan gedung Markas PMI baik di ibukota Penajam Paser Utara maupun disetiap kecamatan sebagai Unit Transfusi Darah (UTD), kemudian akan dilengkapi dengan perlengkapan dan fasilitas penunjang.

“seiring dengan bertambahnya jumlah pendonor di Penajam Paser Utara, kami akan menyediakan sarana prasarana serta perlengkapan dan fasilitas penujangnya,” ujarnya.

“Markas PIM juga akan dibangun disetiap kecamatan sebagai UTD Kecamatan dengan dilengkapi PTTD dan peralatan,” kata Yustini Yusran Aspar.

PMI Penajam Paser Utara, lanjutnya, akan merekrut empat orang dimasing-masing kecamatan untuk mengikuti pendidikan di Lembaga Pandidikan yang memeberikan ilmu pengetahuan tentang trasfusi darah untuk menjadi PTTD di kecamatan.

“Tahun ini (2015) kami siapkan PTTD dan kedepannya kami akan ditambah menjadi 10 orang PTTD disetiap kecamatan,” ujar Yustini Yusran Aspar.

Kepala Markas PMI Penajam Paser Utara, Rudiansyah menambahkan, aksi donor darah yang bekerja sama dengan UTD PMI Balikpapan tersebut dilaksanakan setiap tiga bulan sekali. Kegiatan aksi donor darah untuk untuk memasyarakatkan donor darah kepada masyarakat Penajam Paser Utara.

“Target 50 kantong darah pada aksi donor darah terpenuhi, darah yang terkumpul itu untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah. Sesuai motto PMI setetes darah anda dapat menyelamatkan nyawa orang lain,” ungkapnya.

“Kami sampaikan terima kasih kepada kepada sejumlah anggota Kodim 0913, jajaran pegawai negeri sipil (PNS) dan masyarakat Penajam Paser Utara lainnya, yang telah telah berpartisipasi menyumbangkan darahnya,” kata Rudiansyah. (bp/*esa)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.