Perusda Tawarkan Genset Untuk RSUD Penajam

Bagus Purwa

 

Penajam, helloborneo.com – Perusahaan Daerah (Perusda) Benuo Taka Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menawarkan genset untuk disewa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat sebagai antisipasi menambah kekurangan daya listrik sekisar 800 kilovolt amper (KVA) di RSUD tersebut.

“Kami bermasksud menyewa genset karena RSUD kekurangan daya listrik berkisar 800 KVA, yang berdampak sejumlah ruangan operasi dan “unit intensive care” atau ICU belum dapat difungsikan,” ungkap Direktur RSUD Penajam Paser Utara, Jense Grace Makisurat, di Penajam, Jumat.

RSUD Penajam Paser Utara, lanjutnya, akan melakukan kerja sama dengan pihak ketiga untuk menyewa genset dengan kapasitas 500 KVA dengan anggaran sewa genset sebesar Rp70 juta per hari. Sudah ada beberapa pihak ketiga yang siap menjalin kerja sama untuk menyewakan genset, termasuk Perusda Benuo Taka.

“Kami belum menentukan nilai sewa, karena Perusda dan pihak ketiga lainnya belum melakukan presentasi terkait penawaran kerja sama sewa genset itu. Kami akan tentukan nilai sewanya setelah melihat hasil presentasi,” jelas Grace Makisurat.

Ia menjelaskan, genset yang akan disewa tersebut untuk menyuplai listrik ruang pelayanan, ruang administrasi dan ruang rawat jalan. Sedangkan listrik dari PLN yang ada saat ini, untuk memenuhi kebutuhan listrik ruang operasi dan ICU.

Selain itu penambahan genset tersebut, kata Grace Makisurat, juga untuk mengantisipasi pemadaman listrik yang sering dilakukan oleh PLN Unit Petung. Dimana pemadaman listrik tersebut sangat mengganggu pelayanan di RSUD.

“Genset kapasitas 200 KVA yang kami miliki sudah tidak bisa mendukung saat terjadi pemadaman listrik. Genset itu sudah tua, sudah ada sejak 2007 silam,” ungkapnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.