Penajam Evaluasi Perusahaan Tambang Proper Merah

AH Ari B

 

Plt Sekretaris Daerah Kab PPU, Drs H Tohar MM (Bagus Purwa – Hello Borneo)

Plt Sekretaris Daerah Kab PPU, Drs H Tohar MM (Bagus Purwa – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan melakukan evaluasi terhadap dua perusahan tambang yang mendapat Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (proper) merah terkait pengelolaan lingkungan.

Pelaksana tugas Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar, di Penajam, Senin menyatakan, pemerintah akan melakukan evaluasi terhadap Divisi tambang Perusahaan Daerah (Perusda) Benuo Taka dan PT Ena Sarana Energi, karena mendapat proper merah terkait pengelolaan lingkungan.

“Kami akan lakukan evaluasi dari hasil rekomendasi itu karena dengan proper merah ada ketidakpatuhan pada pengelolaan lingkungan dan lainnya,” tegasnya.

“Ketidakpatuhan yang menonjol adalah perusahaan itu tidak menjalankan kebijakan baik yang sudah diatur dalam undang-undang maupun peraturan yang diterapkan dalam peruisahaan yang bersangkutan,” jelas Tohar.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, kata dia, akan memanggil manajemen dua perusahaan tambang yang mendapat proper merah terkait pengelolaan lingkungan tersebut, untuk menyampaikan penjelasan terhadap rekomendasi proper merah yang telah dikeluarkan itu.

“Dua perusahaan akan kami panggil untuk menyampaikan pendapat atau sanggahan terhadap rekomendasi yang telah dikeluarkan itu,” ujar Tohar.

Sedangkan untuk Perusda Benuo Taka, tambahnya, perlu ditekankan terkait perjanjian antara Perusda Benuo Taka dengan pihak perusahaan yang bekerja sama, untuk lebih berkomitmen terhadap upaya pengelolaan lingkungan serta upaya pementauan lingkungan.

“Perusda menjalin kerja sama dengan perusahaan lain, jadi perlu ada perjanjian antara perusda dan perusahan yang diajak kerja sama itu agar ada komitmen untuk pengelolaan lingkungan dan pemantauan lingkungan ,” kata Tohar. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.