Produksi “Home Industry” di Penajam Berpotensi Punya Nilai Jual Besar

Suherman

 

Peserta pengerajin “home industry” Kabupaten Penajam Paser Utara berfoto bersama usai mengikuti pelatihan pengemasan produk wisata (Suherman - Hello Borneo)

Peserta pengerajin “home industry” Kabupaten Penajam Paser Utara berfoto bersama usai mengikuti pelatihan pengemasan produk wisata (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Hasil produksi “home industry” atau rumah usaha produk masyarakat berupa asesoris atau souvenir dan makanan, kata Sekertaris Dinas Perhubungan Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Wagiman berpotensi memiliki nilai jual yang besar, jika dikemas dengan baik dan menarik.

“Produk asesoris atau souvenir dan makanan yang dihasilkan rumah usaha produk masyarakat Penajam Paser Utara, berpotensi memiliki nilai jual yang besar, baik di dalam daerah maupun di luar daerah kalau dikemas secara baik dan menarik,” kata Wagiman, pada “workshop” atau pelatihan pengemasan produk wisata di gedung Sepadu, Kecamatan Penajam, Selasa.

Keanekaragam kerajinan tangan dan berbagai produk “home industry” di Penajam Paser Utara, lanjutnya, telah beredar sangat pesat dipasaran lokal yang mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

.”Peluang itu telah dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat di wilayah Penajam Paser Utara,” ujar Wagiman.

Menurutnya, untuk lebih meningkatkan harga produksi, pengerajin harus dapat menyajikan produk dalam satu kemasan yang menarik sebagai daya tarik untuk pembeli membeli produk tersebut, kemudian melakukan promosi sehingga produksi dikenal oleh konsumen.

“Sangat disayangkan jika pengerajin hanya menjual hasil produksinya tanpa dikemas secara baik dan menarik,” kata Wagiman.

“Pelatihan cara mengemas produk itu, akan membuat pengerajin di Penajam Paser Utara mengetahui cara pengolahan produk yang profesional , sehingga hasilnya akan dapat bersaing dengan daerah lain,” jelasnya.

Kepala Seksi Produk Wisata, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), mengatakan, penyajian kemasan yang baik adalah salah satu kunci sukses potensi kepariwisataan, perdagaangan dan investasi, untuk mendukung peningkatan perekonomian masyarakat di daerah Penajam Paser Utara.

“cara mengemas produk yang baik itu, akan menghasilkan nilai jual lebih tinggi terhadap hasil olahan rumah tangga dan dapat dipasarkan diberbagai daerah,” jelasnya.

Pelatihan pengemasan produk wisata yang dilakukan Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim diikuti puluhan pengerajinan di Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut, diharapkan berdampak besar pada pemasaran hasil produksi makanan, asesoris dan souvenir sebagai oleh-oleh yang unik. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.