Disperindagkop UKM Penajam Amankan Produk Kadaluarsa

AH Ari B

 

Kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara,  Iskandar Hamala

Kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara, Iskandar Hamala

Penajam, helloborneo.com – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengamankan produk makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa ketika melakukan razia makanan dan minuman dalam kemasan.

“Kami sita dan amankan beberapa makanan dan minuman dalam kemasan yang sudah kadaluarsa di sejumlah warung/toko dan swalayan serta pasar di Kecamatan Penajam, sehingga sudah tidak layak dikonsumsi,” ungkap Kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara, Andi Iskandar, di Penajam, Kamis.

Menurutnya, masyarakat dituntut harus lebih teliti ketika berbelanja makanan dan minuman dalam kemasan. Karena di beberapa toko/warung dan swalayan banyak ditemukan produk makanan dan minuman yang sudah tidak layak dikonsumsi, namun masih dipajang untuk dijual.

“Banyak kami temukan makanan dan minuman yang masih dipajang untuk dijual warung/toko atau swalayan, jadi masyarakat harus jeli saat bebelanja ,” kata Andi Iskandar.

“Dari hasil razia kami temukan puluhan produk makanan dan minuman sudah tidak layak dikonsumsi karena sudah kadaluarsa,” ujarnya.

Andi Iskandar menjelaskan, petugas menyita beberapa makanan anak-anak yang bercampur dengan pewarna tekstil atau pakaian, serta kecap, mie instan serta beberapa produk minuman dan makanan berbahaya kalu dikinsumsi karena sudah kadaluarsa.

Razia barang kadaluarsa tersebut, tambahnya, akan digelar secara bertahap di seluruh kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai antisipasi beredarnya produk kadaluarsa di warung /toko atau swalayan di pasar.

“Para pedagang harus memeriksa barang dagangannya karena setiap produk yang dijual ternyata kadaluarsa akan langsung disita,” katanya.

Razia produk kadaluarsa tersebut dilakukan bersama Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP serta melibatkan pihak kepolisian sebagai pengamanan. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.