25 Kasus Kecelakaan Terjadi di Penajam

Suherman

 

KBO Satlantas Polres Penajam Paser Utara, Inspektur Satu Hari Purnomo (Suherman - Hello Borneo)

KBO Satlantas Polres Penajam Paser Utara, Inspektur Satu Hari Purnomo (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Sepanjang Januari hingga Mei 2015, kata KBO Satlantas Polres Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Inspektur Satu Hari Purnomo, terjadi 25 kasus kecelakaan lalu lintas yang disebabkan rendahnya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

“Periode Januari-Mei 2015, terjadi 25 kasus kecelakaan lalu lintas dengan jumlah korban sebanyak 43 orang, lima orang diantaranya meninggal dunia, 16 orang luka berat dan 22 luka ringan,” jelas Hari Purnomo, di Penajam, Rabu.

“Kerugian materi akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi mulai Januari sampai Mei 2015 ini mencapai Rp74.200.000,” ujarnya.

Rendahnya tingkat kesadaran masyarakat di Penajam Paser Utara dalam berlalu lintas menurut Hari Purnomo, menjadi salah satu faktor tingginya kecelakaan lalu lintas di daerah itu. Dimana banyak pengendara yang tidak menaati peraturan berlalu lintas di jalan raya.

“Pegendara roda dua tidak menggunakan helm dan pengendara tidak menyalakan lampu reting atau lampu sein saat akan berbelok arah, seharusnya jarak 50 meter sebelum berbelok arah pengendara sudah menyalakan lampu reting,” katanya.

Selain tingkat kesadaran masyarakat, lanjut Hari Purnomo, faktor jalan berlubang juga menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas, apalagi saat musim penghujan karena lubang jalan tergenangi air dan tidak terlihat sehingga membahayakan para pengendara kendaraan.

“Saat musim hujan, banyak pengendara terjebak dilubang jalan yang tidak terlihat karena tergenangi air, itu juga penyebab fatal kecelakaan pengguna kendaraan bermotor,” ujarnya.

Hari Purnomo menyatakan, untuk menekan tingkat kecelakaan lalu lintas, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Penajam Paser Utara, telah menyurati Dinas Pekerjaan Umum setempat untuk segera melakukan perbaikan dititik-titik jalan rusak tersebut.

Satlantas Polres Penajam Paser Utara, juga melakukan patroli dan pengawasan rutin tiga kali sehari dititik-titik rawan kecelakaan lalu lintas.

“Kami berkoordinasi dengan instansi terkait untuk perbaikan jalan rusak, kami juga turunkan empat anggota Satlantas untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan,” jelas Hari Purnomo. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.