Air Bersih di Sepaku Belum Memadai

Suherman

 

Stasiun pengolahan air bersih atau WTP di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (Suherman - Hello Borneo)

Stasiun pengolahan air bersih atau WTP di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Air bersih di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, kata salah salah seorang warga setempat Anik (34), belum memadai karena warga masih menggunakan air tanah yang tidak layak untuk dikonsumsi sehingga warga harus membeli air bersih untuk keperluan minum dan memasak,

“Warga di sini untuk memenuhi kebutuhan air masih memanfaatkan air tanah, tapi kadang air bertagar dan keruh jadi tidak bisa diminum dan untuk memasak, jadi hanya bisa digunakan untuk mencuci saja,” jelas Anik, di Penajam, Rabu.

Sedangkan air yang digunakan untuk keperluan minum dan memasak, lanjut dia, masyarakat RT 06 Sepaku Dua , terpaksa membeli air dengan harga Rp60 ribu per seribu liter dan hanya bertahan selama dua sampai tiga hari.

“Warga harus membeli air bersih, seribu liter itu harganya Rp60 ribu dan lamanya ketersediaan air bersih di rumah tergantung dari jumlah kaluarga,” ujar Anik.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, kata Anik, harus memperhatikan dan menanggapi keluhan masyarakat di Sepaku Dua tersebut, karena air bersih merupakan kebutuhan pokok manusia.

Camat Sepaku, Abdul Risman menyatakan, hanya sebagian wilayah di Kecamatan Sepaku yang teraliri air bersih dari Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM), sehingga tidak semua kelurahan teraliri air bersih karena wilayah Sepaku sangat luas.

Menurutnya, tahun ini (2015) Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara akan membangun stasiun pengolahan air bersih atau “Water Treatment Plant” (WTP), program pengadaan air bersih disetiap kelurahan.

“Pemerintah daerah akan bangun stasiun pengolahan air bersih, seperti di kelurahan yang ada di Kecamatan Babulu,” kata Abdul Risman..

Stasiun pengolahan air bersih atau WTP tersebut, tambah dia, menghasilkan 40 galong air bersih siap minum yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat setempat. Sehingga masyarakat Kecamatan Babulu sudah menikmati air bersih. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.