Ketua DPRD Penajam Setuju Dana Aspirasi Disahkan

AH Ari B

 

Ketua DPRD Kabupaten PPU, Nanang Ali SE

Ketua DPRD Kabupaten PPU, Nanang Ali SE

Penajam, helloborneo.com – Ketua DPRD Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Nanang Ali menyetujui usulan dana aspirasi DPR disahkan, namun harus proporsional sehingga dana yang mengalir dapat lebih merata ke seluruh wilayah Indonesia.

“Berdasarkan jumlah penduduk atau anggota DPRD yang duduk untuk wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) seperti dianaktirikan. Jadi harus merata dana aspirasi itu baik untuk wilayah Indonesia bagian timur maupun barat,” jelas Nanang Ali, di Penajam, Selasa.

Menututnya, proporsional pembagian dana aspirasi tersebut berdasarkan luas wilayah atau cakupan, karena selama ini pembangunan di Indonesia hanya melihat pada jumlah penduduk atau jumlah anggota DPRD di tingkat pusat.

Jika mekanisme penghitungan tersebut, kata Nanang Ali, tetap dipertahankan tentunya wilayah Indonesia timur sangat dirugikan, termasuk Kaltim. Karena porsi terbesar banyak akan diberikan ke wilayah barat lantaran memiliki jumlah penduduk dan perwakilan di tingkat pusat yang lebih banyak.

“Pembagian dana aspirasi harus berdasarkan luas wilayah, sehigga dana aspirasi merata. Karena kalau melihat jumlah penduduk dan anggota DPRD di tingkat pusat dana aspirasi tidak akan merata,” ujarnya.

Program aspirasi tersebut, tambah Nanang Ali, dapat sinergikan dengan kebutuhan masing-masing daerah sehingga untuk wilayah Indonesia timur, yang selama ini sering mengalami ketertinggalan pembangunan mendapat porsi dana aspirasi yang lebih besar.

“kalau dilihat dari pembangunan, wilayah Indonesia timur selalu mengalami ketertinggalan, untuk itu harus ada sinkronisasi sehingga wilayah Indonesia timur bisa mendapat jatah dana aspirasi yang lebih besar,” jelasnya. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.