Polres Penajam Tingkatkan Pembenahan Internal

Dika – AH Ari B

 

Kapolres Penajam Paser Utara Joudy Mailoor

Kapolres Penajam Paser Utara Joudy Mailoor

Penajam, helloborneo.com – Memaknai HUT ke-69 Bhayangkara pada 1 Juli 2015 Kepolisian Resor (Polres) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, kata Kapolres setempat, Ajun Komisaris Besar Joudy Mailoor, akan meningkatkan pembenahan internal.

“Pembenahan internal akan kami lakukan sebagai pemaknaan hari ulang tahun Bhayangkara yang ke-69, kami juga terus melakukan pencegahan tindak pidana yang bakal terjadi ditengah masyarakat,” kata Kapolres Joudy Mailoor, di Penajam, Selasa.

“2013 lalu terdeteksi sejumlah oknum polisi positif narkoba setelah dilakukan tes urine pada saat itu. Bahkan ada anggota tertangkap tangan mengkonsumsi sabu dan sudah dijatuhi hukuman pemecatan. Rata-rata ang dipecat karena kasus indisipliner, ada yang beberapa bulan tidak masuk kantor,” jelasnya.

Namun, tahun ini (2015), lanjut Joudy Mailoor, pelanggaran yang dilakukan anggota polisi perlahan mengalami penurunan dibanding tahun 2013 lalu, karena terus dilakukan perbaikan internal dan pembenahan internal tersebut akan terus ditingkatkan.

“Setiap apel Senin anggota selalu diberikan diperingatkan, setiap hari Kamis kami datangkan ustadz untuk memberikan pencerahan bagi polisi beragama Islam dan datangkan pendeta untuk polisi yang beragama kristen. Jadi, sebagai makhluk ciptaan tuhan perlu adanya penguatan mental dan spiritual,” katanya.

Selain itu Polres Penajam Paser Utara, menurut Joudy Mailoor, akan lebih mengedepankan upaya preventif atau pencegahan untuk menciptakan kondisi yang aman nyaman. Sekaligus merubah paradigma masyarakat yang menganggap polisi seperti petugas pemadam kebakaran.

“Fungsi Binmas, Intelijen dan Sabhara ditingkatkan untuk melakukan patroli rutin. Upaya itu dilakukan untuk ciptakan situasi kondusi sebagai antisipasi tindak kriminalitas dimasyarakat,” ujarnya.

Sedangkan untuk memperingati HUT ke-69 Bhayangkara, kata Joudy Mailoor, kegiatan yang akan dilaksanakan selain upacara yang digelar depan Mapolres Penajam Paser Utara. Polres juga akan melaksanakan syukuran atau buka puasa bersama di seluruh Polsek, yakni Polsek Penajam, Waru, Babulu dan Sepaku.

“Kami meniadakan kegaiatan futsal, voli dan tarik tambang yang dilakukan pada HUT Bhayangakara tahun lalu, karena tahun ini (2015) HUT bertetapatan dengan bulan puasa Ramadan,” jelasnya.

“Syukuran dan buka puasa bersama yang dilaksanakan di masng-masing Polsek dengan mengundang tokoh-tokoh masyarakat untuk menjalin hubungan baik dengan warga,” kata joudy Mailoor. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.