Pengrajin Penajam Sulap Batang Kelapa Jadi Kursi dan Meja Cantik

Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Pengerajin Desa Saloloang, Andy Juki menjelaskan produk kerajinan kursi dari batang kelapa kepada Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ (Subur Priono- Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Pengerajin Desa Saloloang, Andy Juki menjelaskan produk kerajinan kursi dari batang kelapa kepada Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ (Subur Priono- Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Pengrajin di Kelurahan Saloloang, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyulap batang kelapa menjadi barang kerajinan kelengkapan rumah tangga, seperti aneka kursi dan meja cantik.

“Di Kelurahan Saloloang banyak batang kelapa dari pohon kelapa yang sudah tidak produktif ditebang dan diabaikan masyarakat. Padahal, jika dikelola menjadi kursi, hasilnya sangat menarik dan memiliki nilai jual tinggi,” jelas salah seorang Pengrajin di Kelurahan Saloloang, Kecamatan Penajam, Andy Juki, pada acara Ramadan East Penajam Paser Utara Expo yang digelar Idea Production, Rabu.

“Awalnya saya coba-coba menekuni kerajinan kursi dari batang kelapa, tapi dari waktu ke waktu usaha kerajinan itu meningkat pesat karena kursi batang kepala banyak peminatnya dan permintaannya cukup banyak hingga ke luar Penajam Paser Utara,” ungkapnya.

Andy Juki berharap, kerajinan yang dibuat tersebut dapat menjadi menjadi contoh serta ikon Kabupaten Penajam Paser Utara, dan yakin ke depan produk kursi berbahan batang kelapa itu kualitasnya tidak kalah dengan kursi dipasaran.

“Kerajinan berbahan batang kelapa itu saat ini masih jarang. Kami berharap pemerintah daerah memberikan perhatian dan menjadikan produk itu menjadi unggulan dan ikon daerah,” ujarnya.

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ menyatakan, tidak menyangka hanya dari batang kepala menjadi kerajinan kursi dan meja yang cantik serta menarik dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk kursi dan meja lainnya dipasaran.

“Kerajinan kursi dari batang kelapa itu merupakan salah satu kreativitas yang dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang, khususnya di Kabupaten Penajam Paser Utara,” katanya.

“Masih banyak potensi lain di Penajam Paser Utara yang dapat dimanfaatkan menjadi sebuah prodak unggulan, jika masyarakat mau melakukannya,” ungkap Mustaqim.

Dalam acara Ramadan East Penajam Paser Utara Expo yang digelar Idea Production tersebut, menampilkan berbagai produk kerajinan masyarakat Penajam Paser Utara. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.