Dishubbudpar Penajam Siapkan 100 Angkutan Umum

AH Ari B

 

Kabid Perhubungan Darat Dishubbudpar Kabupaten Penajam Paser Utara, Buhadi (Suherman - Hello Borneo)

Kabid Perhubungan Darat Dishubbudpar Kabupaten Penajam Paser Utara, Buhadi (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata (Dishubbudpar) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyiapkan 100 angkutan umum di Terminal Penajam, menghadapi Hari Raya IdulFitri 2015.

Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishubbudpar Kabupaten Penajam Paser Utara, Buhadi, di Penajam, Rabu memperkirakan, lonjakan penumpang tujuan Penajam-Tanah Grogot, Kabupaten Paser serta Penajam-Banjarmasin, Kalimantan Selatan, akan terjadi satu hari sebelum Idul Fitri.

“Sebanyak 76 angkutan umum antardaerah kami siapkan di Terminal Penajam, dengan kendaraan yang beroperasi 50 unit. Serta angkutan kota dan perdesaan disiapkan 12 unit untuk mengangkut para pemudik yang ingin pulang kampung merayakan Idul Fitri,” ungkapnya.

“Rastusan angkutan umum yang disiapkan di Terminal Penajam itu sudah dipastikan layak jalan atau beroperasi,” tegas Buhadi.

Dishubbudpar Penajam Paser Utara, kata dia, telah melakukan pengecekan ulang terhadap setiap armada mudik tersebut. Pengecekan dilakukan terhadap sistem kemudi, rem dan kelengkapan surat berkendara yang dilakukan di terminal dan di Unit Pelaksana Tugas Pengujian Kendaraan Bermotor.

“Kami lakukan pengecekan menyeluruh terhadap angkutan mudik yang disiapkan itu, termasuk kondisi pengemudinya untuk keselamatan penumpang dan masyarakat,” kata Buhadi.

Selain itu Dishubbudpar Kabupaten Penajam Paser Utara, tambahnya, juga berencana memasang rambu-rambu peringatan, seperti di jalur dua Petung dan wilayah Sotek Kecamatan Penajam karena kondisi jalan banyak berlubang.

“Kami akan pasang rambu-rambu peringatan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat jalan rusak,” jelas Buhadi. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.