Arus Mudik di Penajam Masih Aman

Suherman

 

 

Pemantauan arus mudik di Penajam Paser Utara dipantau oleh petugas melalui pos simpatik (Suherman - Hello Borneo)

Pemantauan arus mudik di Penajam Paser Utara dipantau oleh petugas melalui pos simpatik (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Kepala Bidang Perhubungan Darat, Dinas Perhubungan, Kebudayan dan Pariwisata (Dishubbudpar) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Buhadi mengatakan, dari hasil pemantauan petugas di pos simpatik arus mudik di daerah itu, sejauh ini situasinya masih aman.

“dari hasil pantauan seluruh moda transportasi, sejauh ini situasinya masih aman. Laporan hasil pemantauan pelaksanaan pos simpatik Kementerian belum ada kejadian luar biasa hingga saat ini,” kata Buhadi, di Penajam, Senin.

Menurutnya, dari hasil pemantauan sudah ada pemudik yang melakukan perjalanan, baik yang menggunakan angkutan umum maupun yang menggunakan kendaraan pribadi. Arus mudik tidak dapat dihindari karena mudik adalah tradisi lebaran yang terjadi setiap tahun.

Menurut pantauan pos simpatik oleh Dinas Perhubungan Kebudayaan dan Pariwisata dan Kominfo Kabupaten Penajam Paser Utara, menyatakan pada Minggu (12/7 atau lima hari sebelum Lebaran Idul Fitri tahun ini (2015), terjadi lonjakan arus mudik pada pagi dan siang hari.

“Arus mudik masih tergolong ramai lancar dan terjadi lonjakan pemudik sekitar 20 persen terjadi pada pagi hari dan sore hari kemarin,” jelas kepala Pelabuhan ‘speedboat” Bidang Perhubungan Laut, Aminullah.

Sedangkan lonjakan penumpang “speedboat” dan kapal kayu atau klotok yang terjadi disebabkan penduduk lokal berbelanja keperluan lebaran ke Balikpapan, kata dia, mencapai sekitar 70 persen. Setiap tahun jelang lebaran penduduk Penajam Paser Utara yang menggunakan jasa “speedboat” dan klotok selalu meningkat.

Semantara arus kendaraan dari arah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, menuju Kabupaten Paser, tambah Staf Wasdal (Pengawasan Jalan) Dishubbudpar, Junaidi, tergolong ramai lancar dan arus mudik disepanjang jalur mudik tersebut berlangsung aman dan kondusif.

“Dari Minggu (12/7) hingga saat ini belum ada lonjakan pemudik dari Kecamatan Sepaku menuju Kabupaten Paser, situasi aman dan terkendali.” Jelasnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.