Arus Mudik di Penajam Masih Sepi

AH Ari B

 

 

Penajam, helloborneo.com – Arus mudik di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, masih terlihat sepi, yakni belum terlihat antrean panjang di Pelabuhan Feri Penyeberangan dan kesibukan di Pelabuhan Klotok dan “Speedboat”, serta di Terminal Penajam.

Petugas Retribusi Terminal Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Subianto, di Penajam, Kamis, menjelaskan, sejak tujuh hari sebelum (H-7) sampai saat ini terminal masih sepi pemudik, dimana rata-rata jumlah penumpang yang diberangkatkan dari terminal Penajam hanya berkisar 144 sampai 228 penumpang.

“Jumlah tersebut sesuai dengan kendaraan yang berangkat mencapai antara 12 sampai 19 unit karena setiap unit memuat 12 penumpang. Jadi rata-rata dalam sehari hanya 144 ssmpai 228 orang saja,” jelasnya.

Minimnya penumpang yang menggunakan angkutan darat melalui terminal Penajam, menurut Subianto, kemungkinan disebabkan banyaknya warga yang mudik menggunakan kendaraan roda dua maupun mobil pribadi.

“Jumlah penumpang di terminal penajam saat ini lebih sedikit, dimana biasanya kendaraan diberangkatkan mencapai 50 hingga 60 unit per hari, tapi saat ini maksimal hanya 19 unit yang diberangkatkan dalam satu hari,” ungkapnya.

Hal yang sama juga terjadi di Pelabuhan Klotok dan “Speedboat”, yang hingga saat ini arus mudik menggunakan klotok dan “speedboat” juga masih normal.

Namun, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan menggunakan klotok dan “speedboat” Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata (Dishubbudpar) Kabupaten Penajam Paser Utara menyiapkan cadangan armada.

“Kami sudah menyiapkan tambahan 21 unit armada tambahan untuk klotok dan speedboat untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang,” kata Kepala Bidang Perhubungan Laut Dishubbudpar Kabupaten Penajam Paser Utara, Sarjono,

Persiapan armada tersebut, lanjutnya, disiapkan sejak empat hari sebelum dan sesudah lebaran. Dimana pada hari biasa penumpang yang pergi pulang melalui pelabuhan klotok dan “speedboad”, dilayani oleh 44 unit armada klotok dan 51 unit armada “speedboat”.

Sementara itu, Arus mudik melalui Pelabuhan Feri Penajam, juga masih sepi. Tidak terjadi antrean panjang kendaraan baik roda dua, empat maupun truk. Jumlah penumpang keberangkatan masih normal, dan kendaraan roda dua maupun roda empat mobil masih lengang.

“Arus mudik masih sepi. Jumlah kendaraan dan penumpang pada 2 hari sebelum lebaran yang menggunakan jasa penyeberangan kapal feri, kendaraan roda empat dan truk hanya. 425 dan penumpang 1.662,” jelas Kepala Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Feri Indonesia Cabang Penajam Paser Utara, Rahmat. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.