Arus Mudik dan Balik di Penajam Didominasi Sepeda Motor

Suherman

 

Antrean panjang penumpang yang menggunakan kendaraan roda dua di pelabuhan penyeberangan klotok Kabupaten Penajam Paser Utara (Bagus Purwa - Hello Borneo)

Antrean panjang penumpang yang menggunakan kendaraan roda dua di pelabuhan penyeberangan klotok Kabupaten Penajam Paser Utara (Bagus Purwa – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Kepala Koordinator Pengawasan Jalan, Dinas Perhubungan Kebudayaan dan Pariwisata (Dishubbudpar) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan, Jamaluddin mengatakan dari hasil laporan petugas di pos simpatik arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah didominasi kendaraan roda dua atau sepeda motor.

“Dari pantuan pos simpatik, arus mudik didominasi di wilayah Penajam Paser Utara didominasi sepeda motor, dan saat ini sudah terlihat arus balik yang juga didominasi kendaraan roda dua,” kata Jamaluddin, di Penajam, Senin.

“Selama arus mudik H-7 sampai H-1 atau tujuh hari dan satu hari sebelum lebaran, lanjutnya, di wilayah Kecamatan Penajam dan Sepaku relatif aman dan lancar,” jelasnya.

Namun menurut Jamaluddin pada H+1 dan H+2 atau satu hari dan dua hari setelah Lebara Idul Fitri tahun ini (2015), kepadatan arus lalu lintas terjadi dari arah Kabupaten Paser  menuju pantai Tanjung Jumlai Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Terjadi peningkatan aktivitas kendaraan dari Kabupaten Paser menuju pantai wisata Tanjung Jumlai, Kabupaten Penajam Paser Utara pada H+1 dan H+2 sehingga petugas cukup kewalahan mengatur arus lalu lintas,” ungkapnya.

Selain itu laporan dari pos simpatik, kata Jamaluddin, juga tercatat dua kecelakaan lalu lintas yang terjadi sampai H+3 yang diakibatkan karena kelalaian pengendara kendaraan roda dua atau sepeda motor.

Dishubbudpar bekerja sama dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kabupaten Penajam Paser Utara, tambahnya, meningkatkan patroli yang dilakukan secara bergantian di daerah rawan kecelakaan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Kami perkirakan arus balik lebaran cukup tinggi, jadi kami lakukan patroli secara bergantian dengan personel Satlantas Polres Penajam Paser Utara untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan,” jelas Jamaluddin. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.