Polres Penajam Pasang Spanduk Imbauan Antisipasi Kecelakaan

Bagus Purwa

 

Kasatlantas Polres PPU, AKP Seto Handoko (Bagus Purwa - Hello Borneo)

Kasatlantas Polres PPU, AKP Seto Handoko (Bagus Purwa – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Kepolisian Resor Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memasang sekitar 30 spanduk imbauan bertuliskan “Hati-Hati Berkendara Keluarga Anda Menunggu di Rumah” dan sejumlah peringatan lain di beberapa ruas jalan untuk menekan terjadinya kecelakaan pada arus mudik dan arus balik Hari Raya Idu; Fitri 1436 Hijriyah.

“Sebanyak 30 spanduk imbauan itu merupakan spanduk yang dipasang oleh tim kami, belum termasuk puluhan spanduk lain yang dipasang oleh Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata (Dishbbudpar),” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Penajam Paser Utara, Ajun Komisaris Seto Handoko, di Penajam, Senin.

“Spanduk imbuan dipasang disepanjang jalan yang dianggap rawan kecelakaan, terutama di jalan yang kondisinya rusak parah untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan pada sat arus mudik dan balik lebaran,” jelasnya.

Titik-titik yang dipasangi spanduk imbauan tersebut, kata dia, disesuikan dengan tulisan yang ada karena sebelumnya telah dilakukan survei, seperti imbuan mengenai jalan menanjak, jalan menikung tajam, jalan rusak, dan lainnya, sehingga pengemudi harus berhat-hati dan tidak memacu kendaraannya terlalu kencang.

“Spanduk yang dipasang disepanjang jalur mudik dan arus balik serta di terminal dan pelabuhan itu, ada yang ditujukan untuk pengendara, bertuliskan “Lelah Menyetir Istirahat Sejenak, Jangan Dipaksa Nanti Sakit,” ujarnya.

Seto Handoko meminta kepada semua pengemudi mematahui semua rambu-rambu lalu lintas demi keselematan jalan, termasuk meminta sopir menjalankan kendaraannya rata-rata 60 km per jam. Karena selain adanya tikungan tajam, ada juga 14 titik keruisakan jalan yang cukup parah serta terdapat 18 titik lubang di tengah badan jalan.

“Sepanjang jalan rusak itu sudah kami data semua untuk dipasang spanduk imbauan, dan pengendara harus mewaspadai jalan di wilayah Waru dan Babulu karena ada tikungan tajam, jalan yang berbukit dan menanjak serta berlubang dan minim penerangan jalan,” katanya.

Selain memasang spanduk imbauan, tambah Seto Handoko, Satlantas Polres Penajam Paser Utara, menyiagakan 34 personel untuk melakukan pemantauan dan pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri tahun ini (2015). (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.