Kecamatan Penajam Salurkan 213.480 Ton Raskin

Bagus Purwa

 

Camat Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Sardi (Bagus Purwa - Hello) Borneo)

Camat Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Sardi (Bagus Purwa – Hello) Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mulai mendistribusikan 213.480 kilogram beras untuk keluarga kutang mampu atau raskin secara gratis kepada 3.558 rumah tangga kuramg mampu (RTM) yang tersebar di 23 desa/kelurahan.

“Mulai hari ini (Selasa) raskin untuk Januari sampai April 2015 mulai disalurkan. Setiap RTM diberikan jatah 15 kilogram/bulan, sehingga untuk penyaluran ini setiap RTM akan menerima 60 kilogram selama empat bulan,” jelas Camat Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Sardi, di Penajam, Selasa.

“Raskin untuk Mei sampai Juli 2015, kami belum mengetahui kapan akan disalurkan karena tergantung kondisi keuangan daerah untuk menebus raskin ke Perum Badan Urusan Logistik (Bulog),” katanya.

Depot Logistik (Dolog) kata Sardi hanya mendistribusikan beras untuk rumah tangga kurang mampu hanya sampai di kecamatan, selanjutnya masing-masing tim raskin desa/kelurahan yang mengambil langsung, kemudian diberkan kapada RTM.

“Apabila cuaca tidak hujan, kami targetkan penyaluran raskin ini, akan selesai selama sepekan. Kalau hujan beras tidak bisa kami distribusikan, karena takutnya nanti beras rusak terkena air hujan,” ujarnya.

Selain menggunakan angkutan darat lanjut Sardi, pihak kelurahan terutama di wilayah pesisir seperti Jenebora, Gersik dan Pantai Lango, menggunakan kapal kayu untuk mengangkut raskin. karena wilayah tersebut, sulit dijangkau melalui angkutan darat.

Sedangkan untuk mengantisipasi mendapatkan beras untuk rumah tangga kurang mampu yang tidak layak konsumsi, seperti yang beredar pada pendistribusian lalu, menurut Sardi, sebelum Bulog mengirimkan beras untuk rumah tangga kurang mampu tersebut kecamatan sudah meminta enam contoh beras yang akan disalurkan Bulog itu.

“Kami meminta enam sampel beras yang akan didistribusikan oleh Bulog dan setelah kami cek beras yang dikrim Bulog sesuai dengan sampel yang diberikan oleh Bulog dan layak untuk dikonsumsi,” katanya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.