Kejari Penajam Siap Berikan Pertimbangan Hukum Kepada SKPD

AH Ari B

 

Kajari Penajam, Zulikar Tanjung Diwawancarai Awak Media

Kajari Penajam, Zulikar Tanjung Diwawancarai Awak Media

Penajam, helloborneo.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, siap memberikan pertimbangan hukum kepada satuan kerja perangkat daerah atau SKPD di lingkungan pemerintah setempat sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi.

Kepala Kejari Penajam Paser Utara, Zullikar Tanjung, di Penajam, Rabu, mengatakan, selain melakukan penindakan hukum terhadap tindak korupsi, Kejari juga akan memberikan pertimbangan hukum kepada SKPD sebagai upaya pencegahan tindakan korupsi.

“Kami mengupayakan agar setiap SKPD selalu meminta pertimbangan hukum sebagai upaya pencegahan tindakan yang menyalahi aturan,” ujarnya,

Ketidaktahuan terjadap aturan atau regulasi tertetntu, kata Zullikar Tanjung , mengakibatkan terjadinya tindakan hukum yang menyalahi peraturan. Untuk itu Kejari Penajam Paser Utara berupaya meminimalisir dengan memberikan pengarahan dan pemahaman tentang korupsi.

“Kami akan berkoordinasi dengan SKPD sebagai bentuk pencegahan, serta akan memfungsikan bidang perdata dan tata usaha negara untuk memberikan pengarahan sesuai dengan norma dan peraturan undang-undang kepada masing-masing SKPD,” jelasnya.

Seain memberikan pertimbangan hukum, menurut Zullikar Tanjung, Kejari Penajam Paser Utara, juga memberikan bantuan hukum dalam bentuk “legal opinion” atau pelayanan hukum berupa pendapat hukum, jika diminta oleh masing-masing SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Apabila SKPD meminta, kami juga akan berikan pelayanan hukun berupa pendapat hukum terhadap permasalahan hukum yang dihadapi masing-masing SKPD,” ungkapnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.