Penajam Berencana Bentuk Bank Darah

AH Ari B

 

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan membentuk bank darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat untuk membantu masyarakat, khususnya pasien yang membutuhkan tambahan darah.

“Untuk membantu masyarakat atau pasien yang membutuhkan darah, pemerintah daerah akan bentuk bank darah di RSUD sehingga tidak harus ke Balikpapan untuk mendapatkan darah,” kata Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar, di Penajam, Jumat.

Pembentukan bank darah tersebut, kata dia, sudah dikomunikasikan dan dikoordinasikan dengan pihak RSUD dan Palang Merah Indonesia (PMI) setempat, karena selama ini masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara kesulitan memenuhi kebutuhan darah.

“Masyarakat sangat kesulitan mendapatkan darah ketika membutuhkan darah, masyarajat harus mencari ke PMI atau rumah sakit di Balikpapan dan membutuhkan waktu lama serta biaya cukup besar untuk dapatkan darah itu,” jelas Yusran Aspar.

Keberadaan bank darah di Kabupaten Penajam Paser Utara, menurutnya, sangat penting untuk menunjang pelayanan di RSID, dan diharapkan pelayanan kesehatan di RSUD Penajam Paser Utara terus ditingkatkan sehingga pasien tidak dirujuk ke rumah sakit di Balikpapan.

“Saya harapkan pelayanan RSUD dapat semakin meningkat agar pasien dari Penajam Paser Utara tidak perlu lagi dirujuk ke rumah sakit di Balikpapan,” ujar Yusran Aspar.

Namun Bupati mengaku, pembentukan bank darah di RSUD Penajam Paser Utara tidak dapat segera dilakukan, karena masih banyak pekerjaan RSUD yang penting lainnya, seperti menambah fasilitas ruang rawat inap dan dokter spesialis yang masih kurang.

Selain itu Yusran Aspar, menekankan agar peningkatan disiplin pegawai RSUD teritama tenaga dokter juga diperhatikan agar masyarakat atau pasien tidak harus menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan perawatan maupun pengobatan. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.