Sungai Kandilo jadi Tempat Pembuangan Sampah

Ajang Araya

Kabid Kebersihan DKP Paser, Tatang Apdimas (Ajang Araya - Hello Borneo)

Kabid Kebersihan DKP Paser, Tatang Apdimas (Ajang Araya – Hello Borneo)

Tana Paser, helloborneo.com – Sungguh ironis, kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan di Kabupaten Paser seakan-akan sudah menjadi menjadi budaya. Bahkan masyarakat tak segan-segan membuang sampah di Sungai Kandilo Bahari, terutama di lokasi yang menjadi kawasan tepiannya.

Kepala bagian (Kabid) Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Paser, Tatang Apdimas yang dikonfirmasi helloborneo.com, tak membantah terkait adanya warga yang masih membuang sampah di Sungai Kandilo Bahari.

Namun Ia menyatakan pihaknya sudah berupaya untuk memberikan sosialisasi, bahkan menempatkan 10 personil Satgas Sampah setiap malam untuk memberikan teguran secara langsung. Bagi masyarakat yang kedapatan membuang sampah sembarangan, terutama di sungai.

“Memang tak bisa dipungkiri, terkadang masih ada saja masyarakat uang curi-curi membuang sampah langsung ke sungai,” kata Tatang.

“Namun pihaknya sudah berupaya dengan menyediakan tempat sampah bagi pejalan kaki dan menurunkan satgas sampah setiap malam di Tepian Sungai Kandilo Bahari,” Lanjutnya.

Dan terkait tampat sampah yang ada di Tepian Kandilo Bahari, Tatang menjelaskan kalau pihaknya tidak akan melakukan penambahan TPS. Justru pihaknya berupaya mengurangi jumlah TPS yang ada, tidak hanya di Tepian Kandilo Bahari, tetapi semua di wilayah Tana Paser.

“Kami tidak mau memanjakan masyarakat dengan memperbanyak TPS, tetapi kami ingin masyarakat terbiasa mendatangi TPS. Oleh sebab itu kami malah akan melakukan pengurangan jumlah TPS di Paser untuk saat ini,” tutupnya. (log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.