Legislator Harapkan Ada RTH di Penajam

Bagus Purwa

 

Penajam, helloborneo.com – Legislator dari Komisi III DPRD Penajam Paser Utara, Kalimatan Timur, Zainal Arifin mengharapkan daerah itu menyediakan ruang terbuka hijau (RTH) di setiap kecamatan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Pemerintah daerah wajib menyediakan kawasan RTH 30 persen dari luas kabupaten. ruang terbuka hijau publik sebesar 20 persen dan 10 persen untuk RTH privat,” kata Zainal Arifin, di Penajam, Senin.

Keberadaan ruang terbuka hijau tersebut, menurut dia, merupakan salah satu elemen kota hijau karena RTH berguna untuk mengurangi polusi dan dapat menambah keindahan dan estetikan kota, serta dapat membuat kesejukan dan kenyamanan.

“ Sedangkan RTH dii kawasan pesisir, sebagai penyangga daerah sekitar serta berfungsi mereduksi gelombang pasang dan dapat meminimalisasi gelombang tsunami,” jelasnya.

Selain itu Zainal Arifin juga mendesak pemerintah daerah melakukan reboisasi kawasan hutan “mangrove” atau hutan bakau seluas 15 hektare di Pelabuhan Buluminung yang sampaii sekarang belum dilakukan.

Pemerintah Kabuaten Penajam Paser Utara, kata Zainal Arifin, harus segera menyediakan ruang terbuka hijau di setiap kecamatan karena saat ini jumlah penduduk masih relatif sedikit sehingga memudahkan pemerintah melakukan pemetaan wilayah untuk penyediaan RTH tersebut.

“Mulai sekarang pemerintah daerah menyediakan RTH itu, jumlah penduduk masih sedikit sehingga memetakan lokasi RTH serta harga lahan masih murah,” ujarnya.

“Idealnya dari jumlah penduduk dibanding pepohonan adalah 1 banding 2 atau dua pohon untuk satu orang,” kata politisi PAN tersebut. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.