RPJPD Jadi Pegangan Bupati Paser Selanjutnya

Ajang Araya
FOKUS. Suasana di aula Bapeda Kabupaten Paser, saat FGD Penyusunan RPJPD digelar. (Ajang Araya - Hello Borneo)

FOKUS. Suasana di aula Bapeda Kabupaten Paser, saat FGD Penyusunan RPJPD digelar. (Ajang Araya – Hello Borneo)


Tana Paser, helloborneo.com - Mendekati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, pada 31 Agustus mendatang Bupati Paser, Ridwan Suwidi akan berakhir masa jabatannya. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Paser beserta SKPD, mulai menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) sebagai pegangan visi dan misi bagi bupati selanjutnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Paser, Ambo Lala mengatakan, Pihaknya beserta SKPD sudah mulai melakukan penyusunan RPJPD dengan di bantuan tim dari Universitas Gajag Mada (UGM) dalam forum Fokus Grub Discussion (FGD). Dimana hasilnya nanti akan menjadi patokan para bakal calon Bupati dan wakil bupati menyampaikan visi dan misinya.

“Kami membentuk FGD penyusunan RPJPD dibantu UGM, yang nanti hasilnya sebagai visi misi Bupati selanjutnya,” ujar Ambo Lala.

Ambo Lala juga sedikit memaparkan sistematis hasil penyusunan RPJPD ini, dimana setelah tersusunnya RPJPD akan dilanjutkan dengan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Dan RPJMD akan menjadi bahan untuk Pemerintah daerah (Pemda) dan SKPD untuk menetapkan Rencana strategis (Restra) SKPD.

Lalu hasil penyusunan akan diberikan juga kepada DPRD sebagai bahan pengawasan, terlaksananya RPJPD dan RPJMD yang di evaluasi dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) bupati dan wakil Bupati. 

“Dari hasil penyusunan ini, nantinya akan terlihat program-program dari Pemda untuk lima tahun kedepan,”tutupnya. (log)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.