Penajam Dapat Bantuan 1.470 Sapi

Suherman

 

Hewan ternak sapi di Kabupaten Penajam Paser Utara (Bagus Purwa - Hello Borneo).

Hewan ternak sapi di Kabupaten Penajam Paser Utara (Bagus Purwa – Hello Borneo).

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan mendapatkan bantuan 1.470 ekor sapi dari pemerintah pusat dan provinsi sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Joko Dwi Febrianto, saat dihubungi di Penajam, Sabtu, menjelaskan sapi Brahman yang akan disalurkan langsung kepada 50 kelompok tani petani, antara lain 1.200 ekor dari Pemerintah Provinsi Kaltim serta 150 ekor dari pemerintah pusat.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, menurutnya, juga akan menerima bantuan 120 ekor sapi Bali dan 60 ekor kambing, sehingga jumlah total sapi bantuan bergulir tersebut sebanyak 1.470 ekor dan 60 ekor kambing.

“Batuan hewan ternak bergulir yang akan dibagikan kepada para petani itu akan datang pada awal September ini (2015),” jelas Joko Dwi Febrianto.

Petani penerima bantuan tersebut, kata dia, diwajibkan memiliki lahan minimal seluas 50 hektare, karena untuk proses pengembangbiakan satu ekor sapi membutuhkan satu hektare kebun sawit. Dan untuk menghindari kecemburuan atau kecurigaan Dinas Pertanian beserta Dandim 0913 Penajam Paser Utara telah menseleksi kelompok -kelompok tani dengan melibatakan asosiasiasi kelapa sawit.

Bukan hanya itu, tambahnya, kelompok tani yang mendapat bantuan tersebut tidak diperkenankan menjual sapi bantuan tersebut, sebelum memiliki keturunan. Sebagai pengawasan Dinas Pertanian dan Peternakan Penajam Paser Utara melibatkan tim asosiasi sawit, KTNA dan anggota Babinsa, (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.