Warga Binaan LP Tana Paser Peroleh Remisi 17-an

MR Saputra

ANGIN SEGAR. Wakil Bupati Paser Mardikansyah (kiri), saat memberikan RU II kepada salah satu narapidana yang langsung bebas. (MR Saputra - Hello Borneo)

ANGIN SEGAR. Wakil Bupati Paser Mardikansyah (kiri), saat memberikan RU II kepada salah satu narapidana yang langsung bebas. (MR Saputra – Hello Borneo)

Tana Paser, helloborneo.com – Hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-70, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB, Tana Paser, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, memberikan Remisi Umum (RU) dan Remisi Dasawarsa (RD) yang di adakan 10 tahun sekali.

Kepala Rutan Husni Thamrin mengatakan, untuk remisi kali ini sangatlah berbeda dari remisi hari Raya Idul Fitri yang lalu. Pasalnya selain mendapatkan remisi umum, para narapidana juga mendapatkan remisi Dasawarsa.

“Seperti remisi hari Raya yang lalu, hanya bedanya untuk tujuh belasan tahun ini ada dua remisi, yaitu remisi umum dan dasawarsa yang hanya ada 10 tahun sekali,” tutur Husni, yang dijumpai usai upaca pembagian remisi Minggu (16/8).

Dia juga mengatakan untuk pembagian RU dan RD kali ini ada sekitar 115 narapidana mendapatkan RU I, dimana para narapidana mendapatkan potongan masa tahanan. 121 narapidana mendapatkan RD I yang mana semua narapidana mendapatkan potongan masa tahanan.

Husni lanjut menyatakan, selain itu ada pula narapidana yang mendapat RU II yaitu narapidana yang dinyatakan bebas langsung, lantaran masa tahannya habis setelah dihitung dengan remisi yang didapatkan.

“Hari ini pun ada 3 narapidana yang dinyatakan bebas langsung, dan saya berhadap mereka dapat diterima di masyarakat dan tidak kembali lagi kesini,” tutupnya berharap. (log)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.