Penajam Akan Bangun 100 Sumur Bor Atasi Kekeringan

AH Ari B

 

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ (Suherman - Hello Borneo)

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ (Suherman – Hello Borneo)

Penajam helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan membangun 100 sumur bor, untuk mengatasi kekeringan yang melanda daerah itu.

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ, di Penajam, Selasa, mengatakan, pembangunan sumur bor menjad prioritas sebagai isolusi jangka pendek mengatasi kekurangan air di sejumlah daerah pertanian di wilayah Penajam Paser Utara.

“Target pemerintah daerah menargetkan akan membangun 100 unit sumur bor untuk membantu masyarakat petani mengatasi krisis air akibat kemarau panjang,” ujarnya.

Pembangunan sumur bor tersebut, menurut Mustaqim, harus melalui kajian teknis atau survei ke lapangan sehingga pembangunan sumur bor tepat sasaran. Sehingga keluhan masyarakat petani terkait ketersdiaan air untuk pengairan lahan persawahan dapat terealisasi.

“Petani mengeluhkan kekurangan air untuk pengairan sawah mereka, jadi pembangunan sumur bor itu harus benar-benar tepat sasaran,” katanya.

Pembangunan sumur bor tersebut, kata Mustaqim, untuk mengatasi kebutuhan air untuk lahan persawahan di sejumlah titik rawan kekeringan, diantaranya di Desa Babulu Darat, Labangka dan Desa Sebakung Jaya Kecamatan Babulu.

“Pembangunan sumur bor itu harus cepat dilakukan karena di sejumlah titik rawan kekeringan berisiko mengakibatkan padi siap panen terkena fuso atau gagal panen,” tegasnya.

Kemarau panjang yang terjadi, tambah Mustaqim, sangat mengganggu usaha pertanian di Kabupaten penajam Paser Utara. Dimana berdasarkan data dari Dinas Pertanian, seluas 22 hektare lahan pertanian produktif sudah mengalami gagal panen.

“Kalau tidak segera diantisipasi risiko fuso semakin meluas, karena terdata dua ribu hektare sawah mengalami kekeringan dan terancam gagal panen,” jelasnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.