Anjloknya Batu Bara, PHK Terjadi di Paser

MR Saputra

 

Kabid Penempatan, Pelatihan dan Produktifitas Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Paser Madju Simangsong. (MR Saputra - Hello Borneo)

Kabid Penempatan, Pelatihan dan Produktifitas Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Paser Madju Simangsong. (MR Saputra – Hello Borneo)

Tana Paser, helloborneo.com – Turunnya harga batu bara beberapa perusahaan di Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan pengurangan produksi, sehingga banyak terjadi  PHK dibeberapa perusahaan batu bara. PHK juga terjadi Kabupaten Paser, yang menjadi salah satu daerah penghasil batubara.

Kabid penempatan, Pelatihan dan Produktifitas Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja (Deknaker) Paser Madju Simangsong mengatakan, dengan anjloknya harga baru bara di pasaran memberikan dampak yang cukup besar bagi daerah, membuat beberapa perusahaan melakukan PHK, agar tetap bertahan.

“Turunnya harga batu bara, memberikan dampak yang besar. Akibatnya ada beberapa perusahaan yang melakukan PHK. Dan tentunya daftar pencari kerja semakin bertambah,” katanya.

Madju mengatakan, meski di Paser ada beberapa perusahaan yang melakukan PHK. Tetapi tidak terlalu banyak seperti beberapa daerah lainya di Kaltim. Pasalnya seperti salah satu perusahaan tambang terbesar di Paser, memiliki kontrak karya hasil batu bara dan kontrak karyawannya yang panjang, jadi hanya beberapa perusahaan kecil saja yang banyak melakukan PHK.

“Syukurnya di sini (Paser, Red) kontrak pegawainya panjang, bisa sampai 6 tahun. Jadi dengan anjloknya harga batu bara tidak membuat angka PHK meningkat drastis. Namun memang beberapa perusahaan kecil banyak melakukan PHK,” ungkap Madju. (log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.