DPRD Penajam akan Bentuk Pansus Aset Daerah

AH Ari B

 

Anggota Komisi III DPRD Penajam Paser Utara, Zainal Arifin (Bagus Purwa - Hello Borneo)

Anggota Komisi III DPRD Penajam Paser Utara, Zainal Arifin (Bagus Purwa – Hello Borneo)

Penajam helloborneo.com – DPRD Penajam Paser utara, Kalimantan Timur, akan membentuk panitia khusus (Pansus) aset daerah untuk membantu pemerintah setempat menyelasaikan permasalahan tata kelola aset daerah yang belum maksimal.

Anggota Komisi III DPRD Penajam Paser Utara, Zainal Arifin, di Penajam, Selasa, mengatakan rencana pembentukan Pansus aset daerah tersebut karena melihat pengelolaan aset daerah sejak terbentuknya Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) belum berjalan maksimal.

Pengelolaan aset daerah di Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut dia, baik barang bergerak maupun tidak bergerak masih sangat minim. Dimana dari ratusan dokumen aset daerah yang tersebar daerah di SKPD (satuan kerja Perangkat daerah) hanya ada enam yang terkumpul di BPKAD.

“Pengelolaan aset daerah belum maksimal dan baru enam dokumen darir ratusan dokumen terkait aset daerah yang ada di BPKAD,” ungkap politisi Partai Amanat Nasional tersebut.

Pansus aset daerah tersebut dibentuk, menurut Zainal Arifin, untuk membantu pemerintah daerah dalam menangani persoalan tata kelola aset daerah, karena pelimpahan aset daerah dari Kabupaten Paser sebagai kabupaten induk sebelum pemekaran tertata dengan baik.

“Pencatatanaset pelimpahan aset daerah dari kabupaten induk ke Kabupaten Penajam Paser Utara sejauh ini masih belum tertata rapi,” ujarnya.

Pendataan aset daerah yang masih belum tertata dengan baik, tambah Zainal Arifin, menjadi penghambat Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara untuk meraih opini penilaian keuangan daerah yang lebih baik dari Badan Pemeriksa Kuangan (BPK).

“DPRD berinisiatif membantu menanganni persoalan aset daerah itu melalui pembentukan Pansus, sehingga pengelolaan aset daerah dapat berjalan maksimal dan bisa mendapatkan opini penilaian keuangan daerah yang lebih baik dari sebelumnya,” jelasnya. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.