Polsek Waru Sosialisasi Ancaman Pidana Pembakaran Lahan

Dika

 

Penajam helloborneo.com – Kepolisian Sektor (Polsek) Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melakukan sosialisasi terkait ancaman pidana terkait pembakaran hutan dan lahan yang dilakukan secara sengaja kepada masyarakat di daerah itu.

Kapolsek Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Ajun Komisaris Juhari, di Penajam, Jumat, mengatakan, untuk mengantisipasi pembakaran hutan dan lahan, masyarakat setempat diberikan sosialisasi terkait ancaman tindak pidana, jika melakukan pembakaran secara sengaja.

Pembakaran yang dilakukan secara sengaja , lanjutnya, merupakan perbuatan melanggar Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

“Apabila warga tertangkap tangan melakukan pembakaran secara sengaja, maka akan dipidanakan, kalau merugikan orang lain serta merusak lingkungan sesuai undang-undang itu pembakaran merupakan perbuatan yang melanggar,” ungkapnya.

Selain itu Polsek Waru, menurutnya, juga meningkatkan pengawasan terhadap terjadinya kebakaran, serta melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat untuk mengantisipasi tindakan pembakaran hutan dan lahan.

“Belum ada kejadian yang ditemukan soal pembakaran hutan dan lahan yang dilakukan oleh warga di daerah ini,” katanya. “Kami melalui Babinkamtibmas (badan pembinaan keamanan Dan ketertiban masyarakat) terus melakukan sosialisasi, terutama pada pertemuan di desa dan kelurahan,” jelas Juhari. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.