DKP Penajam Berikan Bantuan Mesin Kapal Kapada Nelayan

AH Ari B

 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Penajam Paser Utara, Ahmad Usman (AH Ari B - Hello Borneo)

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Penajam Paser Utara, Ahmad Usman (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam helloborneo.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memberikan bantuan 47 unit mesin kapal kepada kelompok nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapan nelayan di daerah itu.

“Untuk meningkatkan hasi tangkapam ikan, tahun ini (2015) kami telah salurkan 47 mesin kapal kepada masyarakat nelayan,” ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara, Ahmad Usman di Penajam, Rabu.

Selain memberikan bantuan mesin kapal, menurutnya, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjutnya, juga menyalurkan bantuan kapal ketinting, jala, bubu serta rumpon dan peralatan yang dapat mendeteksi keberadaan ikan dan penunjuk arah, berupa “Global Positioning System” (GPS) kepada para nelayan.

“Sejumlah bantuan yang disalurkan kepada masyarakat nelayan itu bersumber dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Timur,” jelas Ahmad Usman.

Sebanyak 13 item bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, kata dia, telah disalurkan kepada masyarakat nelayan yang tersebar di wilayah Penajam Paser Utara, diharapkan para nelayan dapat memanfaatkan dan merawat bantuan tersebut sehingga dapat meningkatkan hasil tangkapan.

Selain itu Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut Ahmad Usman, juga telah menyalurkan anggaran daerah kepada nelayan tahun ini (2015) mencapai Rp7 miliar untuk mendukung kegiatan. Nelayan dalam menangkap ikan.

“Kami tergetkan ada peningkatan produksi ikan tangkap, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan di Kabupaten Penajam Paser Utara,” ujarnya.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara, tambah Ahmad Usman, akan melakukan pengecekan ke seluruh kelompok nelayan yang sudah mendapatkan bantuan, untuk memastikan bantuan yang disalurkan tersebut tepat sasaran dan benar-benar dimanfaatkan. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.