Penajam Targetkan Raih Swasti Saba Wiwerda

AH Ari B

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menargetkan meraih penghargaan tertinggi bidang kesehatan, Swasti Saba Wiwerda, atau daerah yang memenuhi empat indikator sehat melalui FKS (forum kabupaten sehat) pada 2015 ini.

“Tahun lalu Kabupaten Penajam Paser Utara mampu meraih anugerah Swasti Saba Padapa atau daerah yang mampu memenuhi dua tatanan,” ungkap Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Ady Irawan, di Penajam, Senin.

Swasti Saba atau anugerah bidang kesehatan memiliki beberapa tingkatan, lanjutnya, Swasti Saba Padapa atau penghargaan kepada daerah yang mampu memenuhi dua tatanan, yaitu pemukiman dan fasilitas umum sehat serta sarana dan prasarana sehat.

Sedangkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda menurut Ady Irawan, lebih tinggi dari Swasti Saba. Dimana untuk meraih Swasti Saba Wiwerda daerah harus memenuhi empat tatanan, yaitu pemukiman sehat, sarana dan prasarana sehat, pariwisata sehat, serta perkantoran sehat.

Kabupaten Penajam Paser Utara, kata dia, telah neyiapkan enam kawasan atau tatanan sebagai indicator penilaian, diantaranya kawasan permukiman di Gunung Seteleng, kantor sekretariat Forum Kabupaten Sehat, areal perkantoran serta taman kesehatan dan taman bunga.

“Tim penilai dari Kementerian Kesehatan dijadwalkan akan tiba di Penajam Paser Utara akan melakukan penilaian, Selasa (29/9),” ujar Ady Irawan.

Ia berharap Kabupaten Penajam Paser Utara, dapat menjadi salah satu kabupaten yang mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda dari 147 kabupaten/kota di Indonesia menjadi daerah penilaian yang akkan dilakukan Kementerian Kesehatan tersebut.

“Persiapan untuk mengikuti lomba Kabupapten Kota Sehat 9KKS) tingkat Swasti Saba Wiwerda telah dipersiapkan sejak tiga bulan terakhir,” jelas Ady Irawan.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, tambahnya, meminta SKPD (satuan kerja perangkat daerah) tidak hanya fokus pada lomba KKS saja, karena tujuan dari program kabupaten sehat adalah menciptakan kabupaten sehat untuk dihuni serta bersih, nyaman dan aman. (bp/*log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.